Daya Tarik Berita Online di Kalangan Mahasiswa JurnalistikFakultas Ilmu Komunikasi (Studi Berita Online Kumparan.Com)

Eko Hari Saksono

Abstrak


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana daya tarik berita online Kumparan.com. menurut pemirsa di Kalangan Mahasiswa Jurnalistik. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data kuantitatif dan menggunakan statistik dalam menganalisisnya. Model komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Michael W. Gamble dan Teri Kwal Gamble. Hasil penelitian dari dimensi multimedia menunjukkan daya tarik berita online Kumparan.com memperlihatkan hasil yang menarik, dimensi aktualitas memperlihatkan bahwa daya tarik berita online memuat teks/foto dan memberitakan keadaan/peristiwa yang sebenarnya, dimensi update menunjukkan bahwa daya tarik berita online memberitakan keadaan yang baru terjadi. Indikator fleksibilitas menunjukkan bahwa daya tarik berita online Kumparan.com bisa diakses dimana saja,bisa diakses melalui berbagai perangkat alat komunikasi, beritanya dapat disimpan dan dapat dikirim kepada orang lain yang membutuhkan. Hasil penelitian dari dimensi interaktif menunjukkan daya tarik berita online Kumparan.com menyajikan fasilitas komunikasi dua arah, melibatkan pembaca, menerima kiriman berita dari pembaca, redaksi menjawab opini, dan Kumparan.com dapat menarik masyarakat membaca.

Kata Kunci


Daya Tarik; Berita Online; Mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assegaf, Djaffar H., Jurnalistik Masa Kini,Pengantar Praktek Kewartawanan,Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.

Barus, Sedia Milling., Jurnalistik PetunjukPraktis Menulis Berita, CV. Mini JayaAbadi, Jakarta, 1996.

Baskin, Askurifai, Jurnalistik Televisi Teoridan Praktek, Sembopsa RekatamaMedia, Bandung, 2006.

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu KomunikasiTeori dan Praktek, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004

Jefkins, Frank, Public Relations, Alih Bahasa :Harris Munandar, Penerbit Erlangga,Jakarta, 2003

Kurniawan Junaedhi, Ensiklopedia Pers Indonesia, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1991.

Maulana, Ahmad, Jurnalistik dan Produksi Media Sekolah, Global

PustakaUtama, Yogyakarta, 2009.

McQuail, Denis, Dennis, Teori KomunikasiMassa, Suatu Pengantar, Edisi Kedua,Alih Bahasa : Agus Dharma

Aminudin Rai, PT. Gamedia Pustaka Utama, Jakarta, 1987 Mondry, Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik, Ghalia Indonesia, Bogor,

Muda, Deddy Iskandar, Jurnalistik Televisi,PT. Remaja Rosdakarya, Bandung,2003.

Muda, Deddy Iskandar., Jurnalistik Televisi :Menjadi Reporter profesional, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005.

Muis, Jurnalistik Petunjuk Praktis Penulis Berita. Jakarta: PT. Minatijaya. 1998

Mulyana, Deddy, Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya,

Bandung, 2001

Nasution, S., Metode Research (Penelitian Ilmiah, Bumi Aksara, Jakarta, 2001

Nazir, Moh.,Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2005

Romli, Asep Syamsul, Jurnalistik Praktis, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000.

Santoso, Gempur., Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, PT.

Prestasi Pustaka, Jakarta, 2005

Sumadiria, Harris, Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature, PT.Simbiosa Rektama Media, Bandung,2005.

Suryati, Indah, Jurnalistik Suatu Pengantar Teori dan Praktik, PT. GhaliaIndonesia, Bogor, 2011.

Syamsul M. Romli, Asep, Jurnalistik OnlinePanduan Mengelola Media Online,Edisi Kedua, Penerbit PT. Nuansa Cendekia, Bandung, 2018.

Taylor., Steven J. dan Robert Bogdan, Introduction to Qualitative Research Methods, Edisi Kedua, WileyInterscience Publication, Toronto,1994

Wahyudi, JB., Dasar-dasar Jurnalistik Radio

dan TV, PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta,1996

Wiryanto, Teori Komunikasi, PT. Grasindo,

Jakarta : 2000

YS Gunadi, Himpunan Istilah Komunikasi,PT.

Gramedia Widia Sarana Indonesia,

Jakarta, 1998




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v5i1.1898

Article Metrics

Abstrak views : 222 times
PDF views : 180 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats