Semiotika Aktivitas Komunikasi Kelompok Menjelang Perang Tanding dalam Cerpen ‘Rapat Terbatas’ Karya Armin Bell

Adolfus Arung, Arnold Rondo, Asmarani Uba Corebima, Felisianus Efrem Jelahut

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Analisis Representasi Aktivitas Komunikasi Kelompok Menjelang Perang Tanding dalam Cerpen ‘Rapat Terbatas’ Karya Armin Bell. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan jenis studi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika ferdinand de sausure. Jenis dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari membaca Cerpen Representasi aktivitas komunikasi kelompok sebelum perang tanding dalam cerpen rapat terbatas. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, adanya representasi adanya sebuah kelompok tertentu yakni sebuah kampung milik Tokoh Geri dan peserta rapat terbatas. Kedua, aktivitas komunikasi kelompoknya sendiri ditandai dengan adanya rapat yang diikuti oleh orang-orang dari kampung Geri. Topik yang dibahas pun merupakan topik tentang sumber air yang berada pada tanah dari warga kampung tetangga yang kemudian membuat larangan kepada kampung Geri untuk tidak menggunakan air. Masalah air yang dibahas merupakan masalah yang menyangkut kepentingan bersama. Di dalam rapat tersebut terjadi komunikasi langsung antara para peserta rapat dan adanya perbedaan pendapat karena perbedaan pandangan dan kepentingan di dalamnya.


Kata Kunci


Semiotika; Komunikasi Kelompok; Perang Tanding; Cerpen Rapat Terbatas; Armin Bell

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Domino, Primus. 2020. “Agresi Dan Culture Of Honor Di Manggarai, Nusa Tenggara Timur.” Jurnal Penelitian Kualitatif Ilmu Perilaku 1(1):11–16.

Fadhliyah, Ziyadatul. 2021. “Semiotika Ferdinan De Saussure Sebagai Metode Penafsiran Al-Qur’an: Kajian Teoritis.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 109–22.

Jehamat, Lasarus, And Polikarpus Keha Si. 2018. “Dinamika Konflik Sosial Berbasis Tanah Komunal (Kasus Gendang Nggorang, Desa Watu Tanggo, Kecamatan Reok Dan Gendang Pane, Desa Torong Koe, Kecamatan Reok Barat Kabupaten Manggarai Flores Ntt).” Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial 8(1).

Jelahut, Felisianus Efrem. 2022. “Aneka Teori Dan Jenis Penelitian Kualitatif.”

Larson, Alvin A. Goldberg-Carl E., And A. E. Alvin. 2006. “Komunikasi Kelompok Proses Diskusi Dan Penerapanya.”

Margana, Margana. 2021. “Kajian Semiotika Tokoh Tawang Alun Pada Komik Wayang Beber Pacitan Adegan Ketiga Belas.” Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 7(2):256–67.

Nabur, Yohanes Jefrianto, And Angela Klaudia Danu. 2019. “Penggambaran Kelas Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Perjalanan Mencari Ayam Karya Armin Bell Kajian Sosiologi Sastra Marxis.” Prolitera: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bahasa, Sastra, Dan Budaya 2(2):113–22.

Ola, Simon Sabon. 2008. “Nilai Budaya Bahasa Ritual Perang Tanding Pada Etnik Lamaholot Di Pulau Adonara, Flores Timur.” Jurnal Linguistika 15(29).

Priyatni, Endah Tri. 2010. “Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis.” (No Title).

Suhara, Rizki Budhi, Yusuf Sapari, And Arif Nuranto. 2020. “Komunikasi Kelompok Club Suzuki Satria F150 Cirebon Dalam Memberikan Manfaat Positif.” Network Media 3(2):24–27.

Bell, A. (2018) Perjalanan Mencari Ayam: Kumpulan Cerita Pendek. Maulafa, Kupang, Nusa Tenggara Timur: Perkumpulan Komunitas Sastra Dusun Flobamora.

Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis - Researchgate (No Date). Available At: Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Jumal-Ahmad/Publication/325965331_Desain_Penelitian_Analisis_Isi_Content_Analysis/Links/5b305090a6fdcc8506cb8b21/Desain-Penelitian-Analisis-Isi-Content-Analysis.Pdf (Accessed: March 12, 2023).

Maria Yasinta F. Berna - Personal Name (1970) Sejarah Perang Saudara Antara Masyarakat Desa La'o Melawan Desa Dalo Di Ruteng Kabupaten Manggarai Pada Tahun 2000, Setiadi. Upt Perpustakaan Undana. Available At: Http://Skripsi.Undana.Ac.Id/Index.Php?P=Show_Detail&Id=405&Keywords= (Accessed: March 2, 2023).

Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi Semiotics In Research ... (No Date). Available At: Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/222421-Semiotics-In-Research-Method-Of-Communic-36ff2720.Pdf (Accessed: March 11, 2023).




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v5i2.1712

Article Metrics

Abstrak views : 97 times
PDF views : 70 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats