EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI ZOOM MEETING DALAM ACTIVE RESEPTION MAHASISWA ANGKATAN 2021 BIMBNGAN DAN PENYULUHAN ISLAM

rahma nadhiroh

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran melalui zoom meeting dalam active reseption mahasiswa angkatan 2021 Bimbingan dan Penyuluhan Islam, mengetahui interaksi dan partisipasi mahasiswa selama sesi Zoom Meeting, mengetahui yang disajikan melalui platform tersebut mempengaruhi pamahaman dan pengelaman mahasiswa, serta diskusi kelompok dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah hasil dari survey melalui kuisioner yang dibagikan kepada mahasiswa semesmter 4 Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Dari hasil penelitian ini mahasiswa angkatan 2021 menyatakan bahwa pembelajaran melalui aplikasi Zoom Meeting cukup efektif. Zoom Meeting dapat digunakan dengan mudah melalui laptop atau ponsel, dan kualitas video yang baik. Fitur-fitur seperti share screen dan fitur-fitur lainnya dalam aplikasi tersebut dianggap membantu dalam pembelajaran online.


Kata Kunci


Efektivitas, Zoom Meeting, Penerimaan Aktif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. (2015). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitan Kualitatif. CV. syakir Media Press .

Ahmad , A. F. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM SEBAGAI PEMBELAJRAN ONLINE TERHADAP PEMBELAJRAN MATEMATIKA PADASISWA SMA DI TANGGERANG SELATAN. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 264-275.

Far-Far, G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 17(1).

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). PEMANFAATAN ZOOM MEETING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usai Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 665-675.

Kuswandi, W. (2021). EFEKTIVITAS APLIKASI ZOOM MEETING TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH MAHASISWA PENDIDIKAN MASYARAKAT IKIP SILIWANGI ANGKATAN 2018. JURNAL COMM-EDU, 2615-1480.

Prasko, Sutomo, B., & Santoso, B. (2016). Penyuluhan Metode Audio Visual dan Demostrasi Terhadap Pengetahuan Menyikat Gigi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2).

Ravault, R. J. (1986). Défense de L’identité Culturelle par les Réseaux Ttraditionnels de ‘Coerséduction. International Political Science Review.

Salsabila, D. S. (2022). EFEKTIVITAS KOUMNIKASI PEMBELAJARAN MELALUI PLATFORM ZOOM MEETING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Untarti, R., & Kusuma , A. B. (2018). MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH GEOMETRI RUANG. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(1), 15-30.




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v5i2.1655

Article Metrics

Abstrak views : 44 times
PDF views : 35 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats