PENGARUH FOTO JURNALISTIK TERHADAP KELENGKAPAN INFORMASI BERITA KOMPAS.COM

Rian Putra Pratama, Husen Mony

Abstrak


Foto jurnalistik dituntut memuat informasi atau pesan. Pesan dalam foto jurnalistik bisa sekadar bagian penting dari sebuah peristiwa yang berlangsung singkat, bisa juga sengaja diciptakan fotografer dari cerita dibalik sebuah peristiwa. Esensi pesan menjadi hal yang seolah mutlak lekat dalam praktik foto jurnalistik. Karena secara sederhana dapat dipahami bahwasanya foto jurnalistik adalah foto yang sifatnya informatif dan menarik bagi pembaca, sehingga informasi tersebut dapat tersampaikan pada pembaca dengan sesingkat mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh foto jurnalistik terhadap kelengkapan informasi berita Kompas.com. teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori jarum hipodermik. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sahid Jakarta yang berjumlah 1,7 juta pembaca, dengan sampel populasinya sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel yang berdasarkan atas suatu pertimbangan tertentu seperti sifat-sifat populasi ataupun ciri-ciri yang sudah diketahui sebelumnya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien regresi tidak mempunyai tanda negatif yang berarti nilai – nilai dari indikator foto jurnalistik ditingkatkan, maka akan mendorong kelengkapan informasi dengan asumsi bahwa nilai variabel bebas lainnya tetap konstan. Oleh karena itu, untuk untuk semakin meningkatkan kelengkapan informasi maka foto jurnalistik harus lebih ditingkatkan lebih baik lagi. 


Kata Kunci


Kata kunci: foto jurnalistik; kelengkapan informasi; berita

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwi, Audy Mirza. 2014. Foto Jurnalistik: Metode Memotret dan Mengirim Foto ke Media Massa. Jakarta. PT Bumi Aksara

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala dkk. 2013. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung. PT. Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Elvinaro. 2014. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekatama Media

Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajagrafindo Persada

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta. Rajawali Pers

Effendy, Onong Uchjana. 2012. Dimensi-Dimensi Komunikasi. 2012. Bandung. Alumni

Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya

Khalid, Iman. 2011. The Impact of Media Exposure on Intention to Purchase Green

Electronic Products amongst Lectures. International Journal of Business and Management Vol.6, No.3

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Paktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Paktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Lister, Martin. 2017. New media, London, Routledge

McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail edisi 6 buku 1. Salemba Humanika

Mulyana, Deddy. 2015. Komunikasi Massa.

Bandung. Widya Padjajaran Nasrullah, Rulli. 2014. Media Siber. Kencana Prenamedia Group

Nurudin. 2009. Jurnalisme Masa Kini. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada

Nurudin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta. PTRajagrafindo Persada

Rakhmat, Jalaludin. 2015. Psikologi Komunikasi Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Saleh, Abdul Rahman Et Al. 2015. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta. Kencana

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta. Kencana

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Sugiarto, Atok. 2011. Fotobiografi Kartono Riyadi: PendobrakFotografi Jurnalistik Indonesia Modern. Jakarta. PT Kompas Media Nusantara

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor. Ghalia Indonesia

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada Media Group

West, Richard dan H Lynn Turne. 2010. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta. Salemba Humanika

Wijaya, Taufan. 2011. Foto Jurnalistik. Klaten. CV. SAHABAT




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v4i2.1455

Article Metrics

Abstrak views : 501 times
PDF views : 363 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats