PENGARUH FOTO JURNALISTIK TERHADAP KELENGKAPAN INFORMASI BERITA KOMPAS.COM
Abstrak
Foto jurnalistik dituntut memuat informasi atau pesan. Pesan dalam foto jurnalistik bisa sekadar bagian penting dari sebuah peristiwa yang berlangsung singkat, bisa juga sengaja diciptakan fotografer dari cerita dibalik sebuah peristiwa. Esensi pesan menjadi hal yang seolah mutlak lekat dalam praktik foto jurnalistik. Karena secara sederhana dapat dipahami bahwasanya foto jurnalistik adalah foto yang sifatnya informatif dan menarik bagi pembaca, sehingga informasi tersebut dapat tersampaikan pada pembaca dengan sesingkat mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh foto jurnalistik terhadap kelengkapan informasi berita Kompas.com. teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori jarum hipodermik. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sahid Jakarta yang berjumlah 1,7 juta pembaca, dengan sampel populasinya sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel yang berdasarkan atas suatu pertimbangan tertentu seperti sifat-sifat populasi ataupun ciri-ciri yang sudah diketahui sebelumnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa koefisien regresi tidak mempunyai tanda negatif yang berarti nilai – nilai dari indikator foto jurnalistik ditingkatkan, maka akan mendorong kelengkapan informasi dengan asumsi bahwa nilai variabel bebas lainnya tetap konstan. Oleh karena itu, untuk untuk semakin meningkatkan kelengkapan informasi maka foto jurnalistik harus lebih ditingkatkan lebih baik lagi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alwi, Audy Mirza. 2014. Foto Jurnalistik: Metode Memotret dan Mengirim Foto ke Media Massa. Jakarta. PT Bumi Aksara
Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala dkk. 2013. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung. PT. Simbiosa Rekatama Media
Ardianto, Elvinaro. 2014. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung. Simbiosa Rekatama Media
Cangara, Hafied. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajagrafindo Persada
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta. Rajawali Pers
Effendy, Onong Uchjana. 2012. Dimensi-Dimensi Komunikasi. 2012. Bandung. Alumni
Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana. 2013. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung. Remaja Rosdakarya
Khalid, Iman. 2011. The Impact of Media Exposure on Intention to Purchase Green
Electronic Products amongst Lectures. International Journal of Business and Management Vol.6, No.3
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Paktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Paktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group
Lister, Martin. 2017. New media, London, Routledge
McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail edisi 6 buku 1. Salemba Humanika
Mulyana, Deddy. 2015. Komunikasi Massa.
Bandung. Widya Padjajaran Nasrullah, Rulli. 2014. Media Siber. Kencana Prenamedia Group
Nurudin. 2009. Jurnalisme Masa Kini. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada
Nurudin. 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta. PTRajagrafindo Persada
Rakhmat, Jalaludin. 2015. Psikologi Komunikasi Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
Saleh, Abdul Rahman Et Al. 2015. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta. Kencana
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta. Kencana
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Sugiarto, Atok. 2011. Fotobiografi Kartono Riyadi: PendobrakFotografi Jurnalistik Indonesia Modern. Jakarta. PT Kompas Media Nusantara
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu Pengantar. Bogor. Ghalia Indonesia
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada Media Group
West, Richard dan H Lynn Turne. 2010. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta. Salemba Humanika
Wijaya, Taufan. 2011. Foto Jurnalistik. Klaten. CV. SAHABAT
DOI: https://doi.org/10.36441/thesource.v4i2.1455
Article Metrics
Abstrak views : 822 times
PDF views : 598 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Article Metrics
Abstrak views : 822 timesPDF views : 598 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Jurnal Ini Terindeks di:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.