ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI PADA MEDIA SOSIAL: MEGAWATI DAN BRIN

Mohamad Sukarno

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji jaringan komunikasi pada media sosial dengan menggunakan kata kunci Megawati dan BRIN. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada Pengangkatan Megawati sebagai Dewan Pengarah BRIN. Sumber data diperoleh dari data primer (artikel, berita media massa, dan data media sosial). Teknik analisis data menggunakan interaktif model dengan reduksi (penyeleksian data media sosial dan artikel/berita media massa), penyajian data (kluster jaringan komunikasi, world cloud, dan jaringan aktor) serta menggunakan software Netlytic.org. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan komunikasi media sosial pada topik Megawati dan BRIN terbagi menjadi 6 kluster dengan nilai Diameter 5, Density 0.000710, Reciprocity 0.001226, Centralization 0.155900 Modularity 0.781600. Ada beberapa kata yng masif digunakan seperti BRIN, Pengarah, Dewan, Megawati, Ketua, dan lainnya selain itu ada beberapa akun media massa dan non media massa yang turut menyebarkan informasi pada dimensi media sosial.

Referensi


Chaterine, R. N. (2021). Azyumardi Azra: Seharusnya Ketua-Anggota Dewan Pengarah BRIN adalah Ilmuwan Berkaliber Internasional. Kompas.Com.

Chu, S. C., Chen, H. T., & Gan, C. (2020). Consumers’ engagement with corporate social responsibility (CSR) communication in social media: Evidence from China and the United States. Journal of Business Research, 110(March 2018), 260–271. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.01.036

CNN. (2021). Celoteh Warganet Usai Megawati Sah Jadi Dewan Pengarah BRIN. CNNindonesia.Com.

Farisa, F. C. (2021). Jokowi Resmi Lantik Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN. Kompas.Com.

Fatoni, P. A. dan A. (2020). Analisis Jaringan Komunikasi Percakapan #Tetapdukungpsbb Di Twitter Pada Penerapan Psbb Kedua Dki Jakarta. Jurnal Spektrum Komunikasi, 08(2), 177–200.

Khan, M. L., & Ingenhoff, D. (2017). Social Media Engagement : What Motivates User Participation and Consumption on YouTube ? Related papers. Elsevier, 66.

Kristianto, K., Ramadhan, A. B., & Marsetyo, F. D. (2021). Media Sosial dan Connective Action: Studi Kasus Penggunaan Twitter sebagai Ruang Solidaritas selama Pandemi COVID-19. Journal of Social Development Studies, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.22146/jsds.1037

Paisal, P. (2020). Analisis Sentimen Masyarakat Berdasarkan Opini dari Sosial Media Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier (Study Kasus : Universitas Sjakhyakirti). Jurnal Ilmiah Informatika Global, 11(1), 41–46. https://doi.org/10.36982/jig.v11i1.1071

Sundstrom, B., & Levenshus, A. B. (2017). The art of engagement: Dialogic strategies on Twitter. Journal of Communication Management, 21(4), 342–354. https://doi.org/10.1108/JCOM-02-2017-0024341

Taofik Krisdiyanto, E. M. O. N. (2021). Analisis Sentimen Opini Masyarakat Indonesia Terhadap Kebijakan PPKM pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naïve Bayes Clasifiers. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 32–37. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/article/view/12945

Tempo. (2021). Pro Kontra Penunjukan Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN. Tempo.Co.

Wang, Y., & Yang, Y. (2020). Dialogic communication on social media: How organizations use Twitter to build dialogic relationships with their publics. In Computers in Human Behavior (Vol. 104). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106183

Zubair, S. S., & Khan, M. A. (2014). Good Governance : Pakistan’s Economic Growth and Worldwide Governance Indicators. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences, 8(1), 274–287.




DOI:

https://doi.org/10.36441/thesource.v5i1.1249

Article Metrics

Abstrak views : 8 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Ini Terindeks di:

width= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Stats