Analisis Penerapan Standar Resep dan Kualitas Makanan di Pizza Marzano Kota Kasablanka

Ni Luh Vinaya, Tanjung Prasetyo, Taruna Mudha Harisyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis standar resep makanan, penerapan standar resep, dan kualitas makanan di restoran Pizza Marzano. Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan bahwa terdapat ketidakkonsistenan sajian makanan yang memunculkan terjadinya keluhan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan trianggulasi. Penelitian dilakukan terhadap enam orang staff dapur dan dua supervisor dapur. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa restoran ini memiliki format standar resep yang memuat informasi-informasi untuk mengolah makanan dengan konsistensi kualitas dan kuantitas yang baik; penerapan standar resep karyawan dapur Pizza Marzano menerapkan bahan-bahan, petunjuk pembuatan, dan petunjuk penyajian, tetapi tidak melakukan penerapan takaran ukur yang baku; dan kualitas makanan yang dihasilkan pun tidak konsisten.


Keywords


standar resep, penerapan standar resep, kualitas makanan

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV

Jejak.

Caserani, Victor et all. 2007. Caserani & Kinton‟s The Theory of Catering 11th edition.

United Kingdom: Hodder Education.

Kotler, Philip. dan Amstrong, Gary. 2018. Marketing Principles 17th edition. United Kingdom:

Pearson Education

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2013. Marketing Management 14thEdition. United

Kingdom: Pearson Education

Margaretha, Fiani dan Edwin Japrianto. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand

Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo.

Jurnal Manajeman Pemasaran. Diakses pada 14 November 2018.

(http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/72).

Marsum, A.W. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya, Edisi IV. Yogyakarta: ANDI.

Mufqi, Taufik Suryadi. 2016. Penerapan Standar Resep di Dakken Coffee and Steak

Bandung. Bandung: STP Bandung. Diakses pada 14 November 2018.

(http://stpbandung.net:8080/repository/bitstream/123456789/176/1/TA%20Taufiq%

Mufqi%20S-201319342-2016.pdf).

Novayanti, Dian Saputri dan Sholikin, Agus. 2016. Efektivitas Kerja Cook TerhadapTingkat

Kelancaran Operasional Makanan Iga Bakar di Food and Beverage Product Pada

Fave Hotel Solo Baru. Solo: STP Sahid Surakarta. Diakses pada 14 November 2018.

(http://jurnal.stpss.ac.id/index.php/JPI/article/view/78).

Ryu, K., & Han, H. (2010). Influence of the Quality of Food, Service, and Physical

Environment on Customer Satisfaction in Quick-Casual Restaurants: Moderating

Role of Perceived Price”. Journal of Hospitality and Tourism Research Vol.34, pp.

Tjiptono, Fandi. dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI

Tri, Ayu. 2014. Menu Standar Resep. Jakarta: Academia Edu. Diakses pada 14 November

(https://www.academia.edu/8758992/menu_standart_resep).

Wijaya, Willy. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen di

Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol. 5 No.




DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v2i1.94

Article Metrics

Abstract views : 2494 times
PDF views : 6375 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats