Analisis Penerapan Standar Resep dan Kualitas Makanan di Pizza Marzano Kota Kasablanka
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis standar resep makanan, penerapan standar resep, dan kualitas makanan di restoran Pizza Marzano. Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan bahwa terdapat ketidakkonsistenan sajian makanan yang memunculkan terjadinya keluhan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan trianggulasi. Penelitian dilakukan terhadap enam orang staff dapur dan dua supervisor dapur. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa restoran ini memiliki format standar resep yang memuat informasi-informasi untuk mengolah makanan dengan konsistensi kualitas dan kuantitas yang baik; penerapan standar resep karyawan dapur Pizza Marzano menerapkan bahan-bahan, petunjuk pembuatan, dan petunjuk penyajian, tetapi tidak melakukan penerapan takaran ukur yang baku; dan kualitas makanan yang dihasilkan pun tidak konsisten.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV
Jejak.
Caserani, Victor et all. 2007. Caserani & Kinton‟s The Theory of Catering 11th edition.
United Kingdom: Hodder Education.
Kotler, Philip. dan Amstrong, Gary. 2018. Marketing Principles 17th edition. United Kingdom:
Pearson Education
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2013. Marketing Management 14thEdition. United
Kingdom: Pearson Education
Margaretha, Fiani dan Edwin Japrianto. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand
Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo.
Jurnal Manajeman Pemasaran. Diakses pada 14 November 2018.
(http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenpemasaran/article/view/72).
Marsum, A.W. 2005. Restoran dan Segala Permasalahannya, Edisi IV. Yogyakarta: ANDI.
Mufqi, Taufik Suryadi. 2016. Penerapan Standar Resep di Dakken Coffee and Steak
Bandung. Bandung: STP Bandung. Diakses pada 14 November 2018.
(http://stpbandung.net:8080/repository/bitstream/123456789/176/1/TA%20Taufiq%
Mufqi%20S-201319342-2016.pdf).
Novayanti, Dian Saputri dan Sholikin, Agus. 2016. Efektivitas Kerja Cook TerhadapTingkat
Kelancaran Operasional Makanan Iga Bakar di Food and Beverage Product Pada
Fave Hotel Solo Baru. Solo: STP Sahid Surakarta. Diakses pada 14 November 2018.
(http://jurnal.stpss.ac.id/index.php/JPI/article/view/78).
Ryu, K., & Han, H. (2010). Influence of the Quality of Food, Service, and Physical
Environment on Customer Satisfaction in Quick-Casual Restaurants: Moderating
Role of Perceived Price”. Journal of Hospitality and Tourism Research Vol.34, pp.
Tjiptono, Fandi. dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI
Tri, Ayu. 2014. Menu Standar Resep. Jakarta: Academia Edu. Diakses pada 14 November
(https://www.academia.edu/8758992/menu_standart_resep).
Wijaya, Willy. 2017. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen di
Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol. 5 No.
DOI: https://doi.org/10.36441/mae.v2i1.94
Article Metrics
Abstract views : 2387 times
PDF views : 6073 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Article Metrics
Abstract views : 2387 timesPDF views : 6073 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Recommended Tools:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats