Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Farmhouse Lembang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung di Farmhouse Lembang. Kualitas pelayanan dianalisis berdasarkan dimensi berwujud (tangible), keandalan (realibility), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Adapun kepuasan pengunjung dianalisis berdasarkan dimensi kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, dan bersedia merekomendasikan. Teknik analisis deskriptif dilakukan atas kuesioner yang diisi 100 orang pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dilihat dari dimensi berwujud (tangible) adalah baik, dimensi keandalan (reliablity) adalah “sangat baik”, dimensi daya tanggap (responsiveness) adalah “sangat baik”, dimensi jaminan (assurance) adalah “baik”, dan empati (empathy) adalah “sangat baik”. Adapun penilaian pengunjung terhadap kepuasan berdasarkan ketiga dimensi berada dalam kategori “sangat puas”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Firda, Herisa Septiana. 2017. Analisa Pengaruh Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Susu
di PT. Industri Susu Alam Murni. Bandung.
Hafsah, Rahma Nur. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Pada
Restoran Johnny Rockets Lotte Shopping Avenue. Jakarta.
Payne, Adrian. 2013. The Essence of Service Marketing (Pemasaran Jasa). Jakarta :
Salemba Empat.
Prasetyo, Dwi. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung pada
Obyek Wisata Taman Rekreasi Pantai Krtini Rembang. Jakarta.
Tjiptono, Fandi 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.
Tjiptono, Fandi dan Chandra, Gregorius. 2012. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta :
CV ANDI OFFSET.
Widyasari, Novita. 2010. Analisa Kepuasan Pengunjung Dunia Fantasi Ancol Terhadap
Kualitas Pelayanan Wahana Perang Bintang. Jakarta.
Yanti, Sri. 2014. Objek Wisata 34 Provinsi Di Indonesia. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.36441/mae.v2i1.93
Article Metrics
Abstract views : 1982 times
PDF views : 1812 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Article Metrics
Abstract views : 1982 timesPDF views : 1812 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Recommended Tools:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats