Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Mediator

Gina Karlina, Retno Setyorini

Abstract


Kerusakan yang terjadi pada lingkungan di Indonesia semakin parah sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan semakin meningkat. Kesadaran masyarakat tersebut mendorong produsen mulai beralih menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Hal ini menimbulkan fenomena baru dalam dunia pemasaran yaitu berupa konsep green marketing. Salah satu brand yang menerapkan konsep green marketing yaitu Innisfree, brand asal Korea Selatan yang berfokus untuk menghasilkan produk kosmetik dan skin care yang berbahan dasar alami dan turut serta dalam pelestarian lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai mediator, studi kasus pada Innisfree Bandung. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 100 responden. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online kepada masyarakat di Bandung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis desriptif dan path analysis. Penelitian ini menyimpulkan green marketing berpengaruh positif dan sigifikan terhadap brand image Innisfree, selanjutnya brand image dapat mendorong kepuusan pembelian.


Keywords


green marketing, brand image, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Indrawan, R. & Yaniawati R.P. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan

Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung : PT Refika

Aditama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Priansa, D.P. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

Rianti, A. dan Budiatmo, A. 2017. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap

Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Carica Gemilang Di Wonosobo).

Vol 6, No. 3, p.1-11.

Aldoko, D.S. Suharyano dan Yulianto, E. 2016. Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra

Merek dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis.

Vol 40, No. 2, p.17-23.

Verma, A. dan Tanwar R. 2014. Green Marketing: The Revolutionary Road. International

Journal of Business and Management Invention. Volume 3, p.01-06.

Kim Ji Hyun. 2013. Marketing Presentation Innisfree diakses pada 15 Januari 2019 dari :

https://prezi.com/nle3q5bjd9xk/marketing-presentation-innisfree/

Khoiri, A. 2019. Industri Kosmetik Unjuk Gigi Di Beauty Indonesia diakses pada 16 Januari

dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160616141900-277-

/industri-kosmetik-unjuk-gigi-di-beautyindonesiaWulandhari, R. 2019. Perempuan Indonesia Lebih Suka Pakai Produk Kecantikan Korea.

diakses pada 15 Januari 2019 dari : https://www.republika.co.id/berita/gayahidup/trend/18/10/06/pg5nxz328-perempuan-indonesia-lebih-suka-pakai-produkkecantikan-koreaTashandra, N. 2019. Kosmetik Ramah Lingkungan Lebih Disukai. diakses pada 15Januari

dari : (https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/17/153800920/kosmetik-ramahlingkungan-lebih-disukai




DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v1i2.90

Article Metrics

Abstract views : 3733 times
PDF views : 2194 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats