STRATEGI KRISIS DAN MANAJEMEN KRISIS DALAM MENGHADAPI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DENGAN PENDEKATAN 4CS (CAUSES, CONSEQUENCES, CAUTION, COPING)

Ria Lestari, Levyda Levyda

Abstract


Penelitian ini mengulas pengalaman perusahaan catering dalam menghadapi kirisis sebagai dampak pandemi Covid-19.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Narasumber penelitian ini adalah manajer perusahaan. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan 4 Cs yaitu causes, consequences, caution, dan coping. Berdasarkan wawancara mendalam, penyebab krisis di perusahaan adalah penurunan permintaan pada segmen pasar utama dan konsekuensi yang ditimbulkan adalah terganggunya cashflow perusahaan. Untuk bertahan, perusahaan memilih masuk ke segmen pasar baru dengan menggunakan sumberdaya yang sudah ada. Perusahan mengalami berbagai tantangan karena segmen food retail merupakan pengalaman baru. Hasil penjualan dari segmen food retail pada beberapa kantor cabang, cukup beragam. Penelitian ini menghasilkan kerangka strategi krisis dan manajemen krisis. 


Keywords


strategi krisis, pendemi covid 19, pendekatan 4Cs, inflight catering, food retail

Full Text:

48-58


DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.730

Article Metrics

Abstract views : 429 times
48-58 views : 1228 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats