STRATEGI DIGITALISASI EKONOMI KERAKYATAN
Abstract
Dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 Indonesia mengalami bonus demografi di tahun 2030 sehingga harus memanfaatkan momentum apabila tidak ingin mengalami kemunduran demografi. Digitalisasi Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) menjadi hal penting untuk bekal menyongsong era tersebut. Tujuan kajian ini adalah menganalisis kebijakan dan strategi digitalisasi yang dilakukan pemerintah dalam mempersiapkan ekonomi kerakyatan menghadapi era digitalisasi. Metodenya menggunakan studi pustaka dan kajian literatur. Sinergi antar Kementerian/Lembaga dan Stakeholders berperan penting dalam digitalisasi ekonomi kerakyatan. Universitas dapat menjadi perantara pelaku usaha dengan Kementerian/Lembaga dan stakeholders dalam proses digitalisasi. Universitas memfasilitasi, mengedukasi, dan mewakili; kemampuan teknis menjadi fokus seluruh elemen Kementerian/Lembaga dan stakeholder dalam digitalisasi ekonomi kerakyatan menuju keberlanjutan ekonomi. Strategi utama yang mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dapat menjawab serta mengguanakan keunggulan kompetitif berupa strategi diferensiasi, inovasi dan operasional menjadi jawaban dari resiliensi UMKM guna pemulihan ekonomi nasional.
Keywords
Full Text:
11-22DOI: https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.633
Article Metrics
Abstract views : 2062 times
11-22 views : 1894 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Article Metrics
Abstract views : 2062 times11-22 views : 1894 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Recommended Tools:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats