ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING SEBAGAI PENENTU HARGA JUAL PADA PRODUKSI AYAM GEPREK MAS BREK KARAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis perbandingan biaya pokok produksi berdasarkan strategi full costing dan strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Ayam Geprek Mas Brek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan mendokumentasikan serta wawancara pribadi dengan pemilik UMKM sebagai pihak yang memberikan informasi dan data yang peneliti butuhkan. Penelitian ini menunjukkan hasil perhitungan biaya pokok produksi menggunakan strategi full costing menghasilkan nilai yang lebih besar daripada strategi UMKM. Harga pokok produksi berdasarkan metode full costing senilai Rp1.389.861 dengan tingkat keuntungan yang diharapkan sebesar 50 persen diperoleh harga jual produk sebesar Rp28.000. Sementara itu, harga pokok produksi berdasarkan metode UMKM senilai Rp770.167 dengan tingkat keuntungan yang diharapkan sebesar 50 persen diperoleh harga jual produk senilai Rp15.000. Penentuan harga jual dengan metode full costing akan lebih mudah mendapatkan kesempatan bila ingin memiliki keuntungan yang lebih besar daripada menggunakan metode UMKM.
Keywords
Biaya, Strategi Full Costing, Harga Pokok Produksi
Full Text:
82-92DOI: https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.611
Article Metrics
Abstract views : 761 times
82-92 views : 1598 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Article Metrics
Abstract views : 761 times82-92 views : 1598 times
Dimension Citation Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Recommended Tools:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats