ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE FULL COSTING SEBAGAI PENENTU HARGA JUAL PADA PRODUKSI AYAM GEPREK MAS BREK KARAWANG

Novia Listiani, Cecep Hermana

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis perbandingan biaya pokok produksi berdasarkan strategi full costing dan strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Ayam Geprek Mas Brek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan mendokumentasikan serta wawancara pribadi dengan pemilik UMKM sebagai pihak yang memberikan informasi dan data yang peneliti butuhkan. Penelitian ini menunjukkan hasil perhitungan biaya pokok produksi menggunakan strategi full costing menghasilkan nilai yang lebih besar daripada strategi UMKM. Harga pokok produksi berdasarkan metode full costing senilai Rp1.389.861 dengan tingkat keuntungan yang diharapkan sebesar 50 persen diperoleh harga jual produk sebesar Rp28.000. Sementara itu, harga pokok produksi berdasarkan metode UMKM senilai Rp770.167 dengan tingkat keuntungan yang diharapkan sebesar 50 persen diperoleh harga jual produk senilai Rp15.000. Penentuan harga jual dengan metode full costing akan lebih mudah mendapatkan kesempatan bila ingin memiliki keuntungan yang lebih besar daripada menggunakan metode UMKM.

Keywords


Biaya, Strategi Full Costing, Harga Pokok Produksi

Full Text:

82-92


DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.611

Article Metrics

Abstract views : 585 times
82-92 views : 1139 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats