Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas, dan Media terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Silvia Debora Hitipeuw, Yeni Kuntari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR). Faktor-faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas dan Media sebagai variabel independen sedangkan CSR sebagai variabel dependen. Sampelnya adalah perusahaan Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menyampaikan laporan keuangan secara konsisten pada 2016-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis Regresi Linier Berganda digunakan sebagai penganalisis data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Kepemilikan Saham Publik dan Media berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan CSR, sedangkan Profitabilitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Pengungkapan CSR. Secara simultan Kepemilikan Saham, Profitabilitas dan Media berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan CSR perusahaan Properti dan Real Estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2016-2018.

Keywords


Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas, Media, CSR.

Full Text:

PDF

References


Alnajjar, F.K. (2000). Determinants of Sosial Responsibility Disclosures of Application of Content Analysis. Advances in Environmental Accounting & Management, 1, pp.163–200.

Badjuri, A. (2011). Faktor-Faktor Fundamental, Mekanisme Coorporate Governance, Pengungkapan Coorporate Sosial Responsibility. Jurnal Dinamika Keuangan Dan Perbankan.

Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governace dan Nilai Perusahaan. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Gamerschlag, R., Möller, K. & Verbeeten, F. (2011). Determinants of Voluntary CSR Disclosure: Empirical Evidence from Germany. Review of Managerial Science, 5(2), pp.233–262.

Giannarakis, G., (2014). Corporate Governance and Financial Characteristic Effects on The Extent of Corporate Sosial Responsibility Disclosure. Sosial Responsibility Journal, 10(4), pp.569–590.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. & Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Semarang : Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Haniffa, R.M. & Cooke, T.E. (2005). The Impact of Culture and Governance on Corporate Sosial Reporting. Journal of Accounting and Public Policy, 24(5), pp.391–430.

Harmoni, A. (2010). Media Richness Theory dan Potensi Website Sebagai Media Komunikasi CSR oleh Perusahaan. Jurnal Ekonomi Bisnis, 15(1), pp. 9-17.

Hery. (2017). Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Gramedia.

Indraswari, G. A. D. & Astika, I. B. P. A. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan CSR. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Indriantoro, N. & Supomo, B. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama, Yogyakarta : BPFE Universitas Gadjah Mada.

Julekhah, F. & Rahmawati, E. (2019). Pengaruh Media Exposure, Sensitivitas Industri, Kepemilikan Asing, Kepemilikan Publik dan Profitabilitas Terhadap Environmental Disclosure dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 3(1), pp. 50-66.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kristi, A. A. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility Pada Perusahaan Publik Di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Na’im, A. & Rakhman, F. (2000). Analisis Hubungan Antara Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan dengan Struktur Modal dan Tipe Kepemilikan Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 15.

Lako, A. (2011). Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Karina, L. A. D. & Yuyetta, E. N. A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR. E-Journal of Accounting, 2(2).

Morissan. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Pernada Media Group.

Muttakin, M.B., Khan, A. & Subramaniam, N. (2015). Firm Characteristics, Board Diversity And Corporate Sosial Responsibility. Pacific Accounting Review, 27(3), pp.353–372.

Purwanto, A. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Terhadap Corporate Sosial Responsibility. Jurnal Akuntansi & Auditing Universitas Diponegoro, 8(1), pp.1-94.

Rahayu, P. & Anisyukurlillah, I. (2015). Pengaruh Kepemilikan Saham Publik, Profitabilitas dan Media Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Akuntansi.

Rahman, R. (2009). Corporate Sosial Responsibility : Antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Sosial Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal, 1(1), pp. 124-140.

Sriayu, G. A. P. W. & Nimba, N. P. S. H. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Sosial Responsibility Disclosure. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(2), pp. 326-344.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suharto, (2010). CSR & Comdev : Investasi Kreatif Perusahaan Di Era Globalisasi, Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 40 Tahun 2007.

Wijaya, M. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1).




DOI:

https://doi.org/10.36441/mae.v3i1.135

Article Metrics

Abstract views : 2514 times
PDF views : 1602 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By:

 width= width= width=width=

Recommended Tools:

 


Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats