PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PANTAI PASIR PUTIH WATES KABUPATEN REMBANG MELALUI STARTEGI PENCILS
Keywords:
Humas; Citra Positif; Pariwisata; Strategi; PromosiAbstract
Pantai Pasir Putih Wates Rembang merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kabupaten Rembang yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Citra yang baik suatu organisasi berperan penting dalam memperkuat reputasi dan meningkatkan daya saingnya di tengah masyarakat. Sebaliknya, jika citra yang terbentuk negatif, maka nama organisasi tersebut pun akan terdampak buruk. Humas memegang peran penting dalam menentukan arah perkembangan dan keberlangsungan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi humas dalam meningkatkan citra positif pantai tersebut, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta mengeksplorasi upaya yang dilakukan dalam mengatasi tantangan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas yang diterapkan meliputi tujuh aspek utama, yaitu publications, event, news, community involvement, social responbility, inform or image, dan lobbying and negotiation. Kendala yang ditemukan mencakup persaingan destinasi wisata, keterbatasan SDM, minimnya inovasi, dan isu lingkungan. Meski demikian, pengelola terus berinovasi melalui peningkatan fasilitas dan pelayanan, optimalisasi sumber daya manusia, menerima kritik, optimalisasi event, dan evaluasi rutin.References
Abrimanto, A. G. (2017). Kinerja Badan Permusyawaratan Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Masyarakat. Universitas Pendidikan Indonesia, 240.
Aini Annisya. (2023). Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat (Humas) Palang Merah Indonesia (Pmi) Kota Bima Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Donor Darah. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 9(1), 01–14. https://doi.org/10.59050/jkk.v9i1.90
Dea, R. G. (2024). Faktor Perubahan Alih Fungsi Lahan Pertanian Akibat Pembangunan Kawasan Aerotropolis Kulon Progo dan Dampaknya Terhadap Tata Guna Lahan LP2B , Pemukiman dan Pariwisata. Journal of Local Architecture and Civil Engineering, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.59810/localengineering
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rembang. Kecamatan Kaliori-dinbudpar. Tersedia di: Kecamatan Kaliori – dinbudpar [Diakses pada tanggal 20 Maret 2025].
Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).
Mauliddiyah, N. L. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. 6.
Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.
Saputra, W. & Nasrullah, R. (2011). Public relations 2.0 Teori Dan Praktik Public Relations Di Era Cyber. Jakarta: Gramata Publishing.
Sartika, S., & Rachmat, I. (2023). Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(2), 199–215. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.698
Syaoki, M., & Sarita, R. (2023). Strategi Humas Pokdarwis Kerujuk Lestari Dalam Meningkatkan Minat Pwngunjung Ke Ekowisata Kerujuk Pasca Gempa Bumi 2018. Jurnal Industri Pariwisata, 5(2), 136–150. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i2.1419
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Arini Faissah, Aulia Prima Kharismaputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).








