PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PANTAI PASIR PUTIH WATES KABUPATEN REMBANG MELALUI STARTEGI PENCILS

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v8i1.2970

Authors

Keywords:

Humas; Citra Positif; Pariwisata; Strategi; Promosi

Abstract

Pantai Pasir Putih Wates Rembang merupakan salah satu destinasi wisata populer di Kabupaten Rembang yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Citra yang baik suatu organisasi berperan penting dalam memperkuat reputasi dan meningkatkan daya saingnya di tengah masyarakat. Sebaliknya, jika citra yang terbentuk negatif, maka nama organisasi tersebut pun akan terdampak buruk. Humas memegang peran penting dalam menentukan arah perkembangan dan keberlangsungan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi humas dalam meningkatkan citra positif pantai tersebut, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta mengeksplorasi upaya yang dilakukan dalam mengatasi tantangan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi humas yang diterapkan meliputi tujuh aspek utama, yaitu publications, event, news, community involvement, social responbility, inform or image, dan lobbying and negotiation. Kendala yang ditemukan mencakup persaingan destinasi wisata, keterbatasan SDM, minimnya inovasi, dan isu lingkungan. Meski demikian, pengelola terus berinovasi melalui peningkatan fasilitas dan pelayanan, optimalisasi sumber daya manusia, menerima kritik, optimalisasi event, dan evaluasi rutin.

References

Abrimanto, A. G. (2017). Kinerja Badan Permusyawaratan Desa Dalam Meningkatkan Pembangunan Masyarakat. Universitas Pendidikan Indonesia, 240.

Aini Annisya. (2023). Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat (Humas) Palang Merah Indonesia (Pmi) Kota Bima Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Donor Darah. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 9(1), 01–14. https://doi.org/10.59050/jkk.v9i1.90

Dea, R. G. (2024). Faktor Perubahan Alih Fungsi Lahan Pertanian Akibat Pembangunan Kawasan Aerotropolis Kulon Progo dan Dampaknya Terhadap Tata Guna Lahan LP2B , Pemukiman dan Pariwisata. Journal of Local Architecture and Civil Engineering, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.59810/localengineering

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rembang. Kecamatan Kaliori-dinbudpar. Tersedia di: Kecamatan Kaliori – dinbudpar [Diakses pada tanggal 20 Maret 2025].

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Mauliddiyah, N. L. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. 6.

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.

Saputra, W. & Nasrullah, R. (2011). Public relations 2.0 Teori Dan Praktik Public Relations Di Era Cyber. Jakarta: Gramata Publishing.

Sartika, S., & Rachmat, I. (2023). Strategi Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan pada PT. Telkomsel Tbk. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(2), 199–215. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i2.698

Syaoki, M., & Sarita, R. (2023). Strategi Humas Pokdarwis Kerujuk Lestari Dalam Meningkatkan Minat Pwngunjung Ke Ekowisata Kerujuk Pasca Gempa Bumi 2018. Jurnal Industri Pariwisata, 5(2), 136–150. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i2.1419

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: CV. Alfabeta.

Jurnal Industri Pariwisata JULY 2025

Published

2025-07-16