POKDARWIS SATUPAM: MENGGAPAI KESADARAN MASYARAKAT MELALUI BRANDING SAPTA PESONA

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v8i1.2928

Authors

  • Gabriela Hendratno Pradita University
  • Theo Andrianto Pradita University
  • Stanley Gracius Christoper Pradita University
  • Willie Natanael Pradita University
  • Budi Setiawan Pradita University

Keywords:

Pokdarwis; Branding; Sapta Pesona; Kesadaran Masyarakat; Kampung Wisata Satupam

Abstract

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah komunitas lokal yang membantu proses pengelolaan kampung wisata maupun desa wisata. Pokdarwis ini memiliki peranan penting dalam perkembangan kampung wisata. Melalui pendekatan dengan branding Sapta Pesona yang terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan, Pokdarwis Satupam berusaha untuk memberikan kesadaran kepada masyarakatnya pentingnya peran aktif masyarakat dalam mengelola kampung wisatanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara Pokdarwis Satupam dapat menggapai kesadaran masyarakat melalui branding Sapta Pesona. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam dengan pengelola Kampus Wisata Satupam. Hasil dari penelitian ini memberikan kesadaran bagi masyarakat local terkait pentingnya branding Sapta Pesona untuk mengembangkan Kampung Wisata Satupam. Branding Sapta Pesona yang dilakukan oleh Pokdarwis Satupam, yaitu menggunakan papan Sapta Pesona dan komunikasi pemasaran melalui sosial media yang dapat memberikan kesan yang kuat dan menciptakan ingatan jangka panjang kepada masyarakat lokal maupun wisatawan.

References

Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Survey Design: Cross Sectional Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 31-39. Https://Doi.Org/10.47709/Jpsk.V3i01.1955

Andrianto, T., Sanjaya, M. F., Dharmawan, R., & Setiawan, B. (2024). Pokdarwis Gubugklakah: Menggapai Asa melalui Sadar Wisata. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(3), 126-136.

Anggara, B., Taufik, M., & Mandala, O. S. (2024). Eksplorasi Potensi Pengembangan Wisata Alam Menggunakan Pendekatan 4A Dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan. Toba (Journal Of Tourism, Hospitality And Destination), 3(2), 33-39. 10.55123/Toba.V3i2.3515

Bilillah, R. S. (2024). Peningkatan Branding UMKM Lokal Melalui Desain Komunikasi Visual. Arunika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33-38.

Hendratno, G., Wijaya, L. C., Dolang, J. C. M., Karangan, A. Y., & Setiawan, B. (2025, Februari). Pokdarwis Capung Alas Desa Wisata Pujon Kidul Sebagai Jembatan Menuju Tatanan Tertinggi Sadar Wisata. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 10(1), 67-77. 10.56743/Jstp.V10i1.488

Kampung Wisata Satupam. (2025, Maret 1). Kampung Wisata Satupam. Weebly. Retrieved April 3, 2025, From Https://Kampung-Wisata-Satupam.Weebly.Com/

Laksmi, P. A. S., Yogiarta, I. M., & Rustini, N. M. (2023). Tourism Management through Sapta Pesona Concept to Increase Tourist Attraction in Timpag Village, Tabanan Regency. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 9(1), 28-34.

Mintardjo, B. H. (2022). Implementasi Sapta Pesona Di Taman Balekambang Surakarta. Jurnal Nawasena, 1(2), 1-11.

Mujadihin, Riono, S. B., Dumadi, Harini, D., & Sholeha, A. (2023). Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Strategi Branding Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Produk Lokal Di Desa Kaliwlingi. Era Abdimas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Multidisiplin, 1(4), 27-38.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.

Nasution, L., Anom, S., & Karim, A. (2020). Pengaruh Program Sapta Pesona Dan Fasilitas Terhadaptingkat Kunjungan Objek Wisata T-Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung, 28(2), 211-230. Http://Dx.Doi.Org/10.46930/Ojsuda.V28i2.627

Permatasari, I. (2022). Peran Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism) Di Bali. Kertha Wicaksana: Sarana Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa, 16(2), 164-171. . Https://Doi.Org/10.22225/Kw.16.2.2022.164-171

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.

Setiawan, B., Wiryanto, A. H., Budiyani, A., & Rivaldo. (2024). Pkm Penataan Dan Pengembangan Homestay Di Kampung Wisata Ekowisata Keranggan Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ikraith-Abdimas, 8(2), 110-117. Https://Doi.Org/10.37817/Ikra-Ithabdimas.V8i2

Soeswoyo, D. M. (2020). Peningkatan Kualitas Masyarakat Melalui Sosialisasi Sadar Wisata Dan Sapta Pesona. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2(1), 29-35.

Sutanto, A. C., Chang, G., Nadhif, L. D., Son, S. S., Simon, V. M., & Ningsih, R. Y. (2024). Efektivitas Penggunaan Instagram Dalam Proses Branding Pada Umkm Di Kemanggisan. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 2(3), 204-211. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpd.V2i3

Takome, S., Suwu, E. A.A., & Zakarias, J. D. (2021). Dampak Pembangunan Pariwisata Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Lokal Di Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Society, 1(1-15).

V Vany, J., Priscillia, F., Arifin, M., Deo, C., & Setiawan, B. (2024). Perencanaan Dan Pengembangan Homestay Di Desa Wisata Angsana, Desa Setu, Kab. Bogor. IKRA-ITH ABDIMAS, 8(1), 57-63.

Yulianah, Y. (2021). Mengembangkan Sumber Daya Manusia untuk Pariwisata Berbasis Komunitas di Pedesaan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 1-9.

Jurnal Industri Pariwisata JULY 2025

Published

2025-07-16

Most read articles by the same author(s)