POKDARWIS SATUPAM: MENGGAPAI KESADARAN MASYARAKAT MELALUI BRANDING SAPTA PESONA
Keywords:
Pokdarwis; Branding; Sapta Pesona; Kesadaran Masyarakat; Kampung Wisata SatupamAbstract
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah komunitas lokal yang membantu proses pengelolaan kampung wisata maupun desa wisata. Pokdarwis ini memiliki peranan penting dalam perkembangan kampung wisata. Melalui pendekatan dengan branding Sapta Pesona yang terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan, Pokdarwis Satupam berusaha untuk memberikan kesadaran kepada masyarakatnya pentingnya peran aktif masyarakat dalam mengelola kampung wisatanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara Pokdarwis Satupam dapat menggapai kesadaran masyarakat melalui branding Sapta Pesona. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa dokumentasi, observasi dan wawancara mendalam dengan pengelola Kampus Wisata Satupam. Hasil dari penelitian ini memberikan kesadaran bagi masyarakat local terkait pentingnya branding Sapta Pesona untuk mengembangkan Kampung Wisata Satupam. Branding Sapta Pesona yang dilakukan oleh Pokdarwis Satupam, yaitu menggunakan papan Sapta Pesona dan komunikasi pemasaran melalui sosial media yang dapat memberikan kesan yang kuat dan menciptakan ingatan jangka panjang kepada masyarakat lokal maupun wisatawan.References
Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Survey Design: Cross Sectional Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 31-39. Https://Doi.Org/10.47709/Jpsk.V3i01.1955
Andrianto, T., Sanjaya, M. F., Dharmawan, R., & Setiawan, B. (2024). Pokdarwis Gubugklakah: Menggapai Asa melalui Sadar Wisata. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 3(3), 126-136.
Anggara, B., Taufik, M., & Mandala, O. S. (2024). Eksplorasi Potensi Pengembangan Wisata Alam Menggunakan Pendekatan 4A Dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan. Toba (Journal Of Tourism, Hospitality And Destination), 3(2), 33-39. 10.55123/Toba.V3i2.3515
Bilillah, R. S. (2024). Peningkatan Branding UMKM Lokal Melalui Desain Komunikasi Visual. Arunika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33-38.
Hendratno, G., Wijaya, L. C., Dolang, J. C. M., Karangan, A. Y., & Setiawan, B. (2025, Februari). Pokdarwis Capung Alas Desa Wisata Pujon Kidul Sebagai Jembatan Menuju Tatanan Tertinggi Sadar Wisata. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 10(1), 67-77. 10.56743/Jstp.V10i1.488
Kampung Wisata Satupam. (2025, Maret 1). Kampung Wisata Satupam. Weebly. Retrieved April 3, 2025, From Https://Kampung-Wisata-Satupam.Weebly.Com/
Laksmi, P. A. S., Yogiarta, I. M., & Rustini, N. M. (2023). Tourism Management through Sapta Pesona Concept to Increase Tourist Attraction in Timpag Village, Tabanan Regency. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 9(1), 28-34.
Mintardjo, B. H. (2022). Implementasi Sapta Pesona Di Taman Balekambang Surakarta. Jurnal Nawasena, 1(2), 1-11.
Mujadihin, Riono, S. B., Dumadi, Harini, D., & Sholeha, A. (2023). Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Mengenai Strategi Branding Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Produk Lokal Di Desa Kaliwlingi. Era Abdimas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Multidisiplin, 1(4), 27-38.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Harfa Creative.
Nasution, L., Anom, S., & Karim, A. (2020). Pengaruh Program Sapta Pesona Dan Fasilitas Terhadaptingkat Kunjungan Objek Wisata T-Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung, 28(2), 211-230. Http://Dx.Doi.Org/10.46930/Ojsuda.V28i2.627
Permatasari, I. (2022). Peran Model Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism) Di Bali. Kertha Wicaksana: Sarana Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa, 16(2), 164-171. . Https://Doi.Org/10.22225/Kw.16.2.2022.164-171
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.
Setiawan, B., Wiryanto, A. H., Budiyani, A., & Rivaldo. (2024). Pkm Penataan Dan Pengembangan Homestay Di Kampung Wisata Ekowisata Keranggan Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ikraith-Abdimas, 8(2), 110-117. Https://Doi.Org/10.37817/Ikra-Ithabdimas.V8i2
Soeswoyo, D. M. (2020). Peningkatan Kualitas Masyarakat Melalui Sosialisasi Sadar Wisata Dan Sapta Pesona. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 2(1), 29-35.
Sutanto, A. C., Chang, G., Nadhif, L. D., Son, S. S., Simon, V. M., & Ningsih, R. Y. (2024). Efektivitas Penggunaan Instagram Dalam Proses Branding Pada Umkm Di Kemanggisan. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 2(3), 204-211. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpd.V2i3
Takome, S., Suwu, E. A.A., & Zakarias, J. D. (2021). Dampak Pembangunan Pariwisata Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Lokal Di Desa Bobanehena Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Society, 1(1-15).
V Vany, J., Priscillia, F., Arifin, M., Deo, C., & Setiawan, B. (2024). Perencanaan Dan Pengembangan Homestay Di Desa Wisata Angsana, Desa Setu, Kab. Bogor. IKRA-ITH ABDIMAS, 8(1), 57-63.
Yulianah, Y. (2021). Mengembangkan Sumber Daya Manusia untuk Pariwisata Berbasis Komunitas di Pedesaan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 1-9.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Gabriela Hendratno, Theo Andrianto, Stanley Gracius Christoper, Willie Natanael, Budi Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).








