MANAJEMEN FASILITAS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PERTUNJUKAN MUSIK: STUDI KASUS OPTIMALISASI FASILITAS EVENT VENUE

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v8i1.2881

Authors

  • Michelle Angelia Politeknik Multimedia Nusantara
  • Kurniawan Gilang Widagdyo Politeknik Multimedia Nusantara

Keywords:

MICE; Manajemen Fasilitas; Analisa Faktor; Smart PLS; Manajemen Event

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor fasilitas Venue event yang dapat memengaruhi kepuasan penonton serta menganalisa faktor mana yang secara signifikan memengaruhi kepuasan penonton dengan menggunakan metode Analisa Faktor Eksploratori (EFA) dan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Variabel yang diuji meliputi dimensi fasilitas Venue, aksesibilitas, petunjuk arah, sarana tranportasi hingga kepuasan dalam menghadiri acara. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah menghadiri suatu event, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Hasil analisa faktor eksploratori menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor baru meliputi faktor Fasilitas Umum & Kenyamanan Area, Faktor Aksesibilitas & Informasi, serta Faktor Transportasi & Tata Letak Area. Lebih lanjut, hasil analisis jalur PLS-SEM mengungkapkan bahwa Faktor Fasilitas Umum & Kenyamanan Area memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan penonton pertunjukan musik. Faktor ini memiliki nilai loading sebesar 0.841, yang menunjukkan bahwa elemen-elemen seperti toilet umum, lahan parkir, titik kumpul, denah duduk, dan kepadatan tempat duduk sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan penonton. Sementara itu, Faktor Aksesibilitas & Informasi serta Faktor Transportasi & Tata Letak Area tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan penonton.

Author Biographies

Michelle Angelia, Politeknik Multimedia Nusantara

Program Studi Pengelolaan Konvensi dan Acara

Kurniawan Gilang Widagdyo, Politeknik Multimedia Nusantara

Pengelolaan Konvensi dan Acara

References

Adiatma, D. S., Widjaja, F. N., & Kusumawardhany, P. A. (2016). Analisis Faktor Kepuasan Pengunjung Pada Pertunjukkan Musik Soundrenaline 2014 Di Surabaya. Calyptra, 4(2), 1-15.

Baroroh, A. (2013). Analisis Multivariat dan Time series dengan SPSS 21. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Dewi, V. T., Supriyadi, T., & Pratama, G. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Konser Musik Blackpink “Born Pink World Tour Jakarta 2023”. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(6), 2590-2603.

Janoskova, K. (2016). Facility management as an important competitive advantage of companies in international environment. Economics, 5(6).

Minor, M. S., Wagner, T., Brewerton, F. J., & Hausman, A. (2004). Rock on! An elementary model of customer satisfaction with musical performances. Journal of services marketing, 18(1), 7-18.

Sholichah, I. M., Mulyati, D. J., & Maduwinarti, A. (2024). Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Acara Terhadap Kepuasan Penonton Konser Nct Dream Di Jakarta. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/adbis/article/download/11708/6923

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial least squares structural equation modeling. In Handbook of market research (pp. 587-632). Cham: Springer International Publishing.

Van der Wagen, L. (2009). Human resource management for events. Routledge.

Jurnal Industri Pariwisata JULY 2025

Published

2025-07-16