MANAJEMEN FASILITAS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PERTUNJUKAN MUSIK: STUDI KASUS OPTIMALISASI FASILITAS EVENT VENUE
Keywords:
MICE; Manajemen Fasilitas; Analisa Faktor; Smart PLS; Manajemen EventAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor fasilitas Venue event yang dapat memengaruhi kepuasan penonton serta menganalisa faktor mana yang secara signifikan memengaruhi kepuasan penonton dengan menggunakan metode Analisa Faktor Eksploratori (EFA) dan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Variabel yang diuji meliputi dimensi fasilitas Venue, aksesibilitas, petunjuk arah, sarana tranportasi hingga kepuasan dalam menghadiri acara. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah menghadiri suatu event, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Hasil analisa faktor eksploratori menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor baru meliputi faktor Fasilitas Umum & Kenyamanan Area, Faktor Aksesibilitas & Informasi, serta Faktor Transportasi & Tata Letak Area. Lebih lanjut, hasil analisis jalur PLS-SEM mengungkapkan bahwa Faktor Fasilitas Umum & Kenyamanan Area memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan penonton pertunjukan musik. Faktor ini memiliki nilai loading sebesar 0.841, yang menunjukkan bahwa elemen-elemen seperti toilet umum, lahan parkir, titik kumpul, denah duduk, dan kepadatan tempat duduk sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan penonton. Sementara itu, Faktor Aksesibilitas & Informasi serta Faktor Transportasi & Tata Letak Area tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan penonton.References
Adiatma, D. S., Widjaja, F. N., & Kusumawardhany, P. A. (2016). Analisis Faktor Kepuasan Pengunjung Pada Pertunjukkan Musik Soundrenaline 2014 Di Surabaya. Calyptra, 4(2), 1-15.
Baroroh, A. (2013). Analisis Multivariat dan Time series dengan SPSS 21. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Dewi, V. T., Supriyadi, T., & Pratama, G. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Konser Musik Blackpink “Born Pink World Tour Jakarta 2023”. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(6), 2590-2603.
Janoskova, K. (2016). Facility management as an important competitive advantage of companies in international environment. Economics, 5(6).
Minor, M. S., Wagner, T., Brewerton, F. J., & Hausman, A. (2004). Rock on! An elementary model of customer satisfaction with musical performances. Journal of services marketing, 18(1), 7-18.
Sholichah, I. M., Mulyati, D. J., & Maduwinarti, A. (2024). Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Acara Terhadap Kepuasan Penonton Konser Nct Dream Di Jakarta. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/adbis/article/download/11708/6923
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial least squares structural equation modeling. In Handbook of market research (pp. 587-632). Cham: Springer International Publishing.
Van der Wagen, L. (2009). Human resource management for events. Routledge.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Michelle Angelia, Kurniawan Gilang Widagdyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).








