MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA DAN MENDIRIKAN USAHA KECIL SERTA PENGEMBANGAN USAHA BAGI ANGGOTA IKAPALMA
Keywords:
Menumbuhkan minat, Berwirausa, Usaha kecil, Pengembangan usahaAbstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan Ketua DPP IKAPALMA, diketahui : Para pedagang kecil IKAPALMA yang berdagang di counter-conter di beberapa mal seperti Thamrin City serta yang berdagang di kaki lima yang masuk dalam kelompok UMKM tidak dapat berdagang karena mal tutup dan PPKM, demikian juga halnya dengan para pensiunan yang berpenghasilan tetap dan rendah tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari karena penghasilan tidak mencukupi. Tujuan kegiatan ini: Mitra memiliki minat dan motivasi untuk mendirikan usaha kecil, mitra memahami manfaat dan fungsi sistem informasi, mitra dapat mencatat semua yang berhubungan dengan usaha kecilnya dan memahami pembukuan sederhana untuk usaha kecilnya, mitra memahami bagaimana mengembangkan usaha dengan sistem pemasaran E Commerce. Metode yang kegiatan yang dilakukan sebagai berikut : (1) Ceramah. Metode ceramah menggunakan aplikasi “zoom meeting†dengan menggunakan materi yang sudah dipersiapkan untuk menyampai materi untuk memotivasi mitra agar punya minat yang tinggi punya usaha dagang kecil dan mengembangkan usaha, (2) Pelatihan mendirikan usaha dagang kecil, (3) Pelatihan sederhana tentang pengelolaan usaha dagang kecil menyangkut menumbuhkan minat berwirausaha, keuangan, pemasaran dan Operasional serta Sistem Informasi, (4) Diakhir masa pengabdian masyarakat, 2 orang mitra yang telah dipilih dengan selektif akan diberikan modal untuk memulai usaha kecil yang baru (Dana bersumber dari Donatur). Hasil kegiatan ini yait : (1) Minat dan motivasi mitra meningkat untuk mendirikan usaha kecil, (2) Pemahaman mitra meningkat tentang manfaat dan fungsi sistem informasi, (3) Peningkatan pencatatan semua yang berhubungan dengan usaha kecilnya dan memahami pembukuan sederhana untuk usaha kecilnya, (4) Peningkatan pemahaman mitra mengenai pengembangan usaha dengan sistem pemasaran digital.References
Amelia, J. R., Ramadhan, M. F., Azni, I. N., Rahmawati, R., & Sandrasari, D. A. (2022). PELATIHAN CPPOB BAGI CALON PENGUSAHA JAMU DI KELURAHAN JATIJAJAR, DEPOK. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(2).
Andika, M., & Madjid, I. (2012). Analisis pengaruh sikap, norma subyektif dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. In Eco-Entrepreneurship Seminar & Call for Paper" Improving Performance by Improving Environment (Vol. 190196).
Ardyanto, D., & Riyadi, H. S. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan E-commerce terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 22(1).
Benjamin, B., & Azis Amriwan, A. (2020). PENGUATAN SEKTOR UMKM KERIPIK SUSENO BANDAR LAMPUNG DI ERA PASAR BEBAS MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, 22(2), 120-131.
Suryana, D., & Si, M. (2006). Kewirausahaan: Pedoman Praktis (Kiat dan proses menuju sukses). Jakarta: Salemba Empat.
Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: isu-isu penting. Lp3es.
Warsono, S. (2009). Akuntansi ternyata Logis dan Mudah. Yogyakarta: Asgard Chapter.
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2023 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).