EFEKTIVITAS MELATI AIR DALAM MENURUNKAN KADAR BOD, COD DAN TSS PADA AIR LIMBAH LAUNDRY

Linda Noviana

Abstrak


Peningkatan industry pencucian pakaian dapat menimbulkan pencemaran mengakibatkan eutrofikasi.Sehingga perlu dilakukan alternative pengolahan dan pengaplikasian yang efektif untuk mengolah limbah ini, salah satunya dengan menggunakan fitoremediasi.Fitoremediasi adalah penggunaan tumbuhan untuk menghilangkan, menstabilkan atau menghancurkan bahan pencemar baik senyawa organic maupun anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan tumbuhan Melati Air dalam menurunkan kadar BOD, COD dan TSS pada limbah laundry dengan variasi waktu kontak 7, 14 dan 21 dengan perbedaan banyaknya tumbuhan yaitu 2, 4, 6 dan 8 tanaman. Sedangkan efektivitas penyerapan pada tanaman Melati Air adalah pada hari ke 14.


Kata Kunci


Melati Air, Fitoremediasi, Limbah Laundry.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alaerts G., & S.S Santika. 1984. Metode Penelitian Air. Usaha Nasional. Surabaya Indonesia..

Dwinanto, A. 2009. Analisis Kadar Parameter Air Limbah Industri. Prosedur Analisis Laboratorium PERUM PERHUTANI UNIT I. Jawa Tengah

Ginting, P., 1995. Mencegah dan Mengendalikan Pencemaran Industri, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta

Kasmidjo, R.B., 1991. Penanganan Limbah Pertanian, Perkebunan dan Industri Pangan, Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi, Proyek Peningkatan Perguruan Tingkat UGM

Lasut, R. 2006. Implementasi Manajemen Bahan Kimia dan Limbah Laboratorium Kimia. Semarang: Universitas Diponegoro.

Made, SD; dan Sugito. 2013. Penurunan TSS dan Phospat Air Limbah Puskesmas Janti Kota Malang dengan Wetland. Jurnal Teknik Wakktu, Vol. 11; No. 01. Dipublikasikan: http://digilib.unipasby.ac.id/. Diakses pada tanggal 26 Januari 2016

Mason, C.F. 1991. Biology of Freshwater Pollution. New York: Longman Scientific & Technical.

Metcalf and Eddy, 1991. Waste Water Engineering Treatment, Disposal and Reuse, Mc. Graw-Hill, Inc., New York

Miller, G. T. 1994. Living in The Enviromment. Eight Edition. California: Wadsworth Publishing Company.

Smith, AL. 1997. Oxford Dictionary of Biochemistry and Molecular Biology. Oxford University Press. Oxford.

Sugiharto, 2005. Dasar-Dasar Pengelolaan Air Limbah. UI Press, Jakarta

Sutanto,H.1996. Purification of Wastewater from Detergent Factory by a Biological Rotor, International Institute for Infrastructural, Hydraulic and Environmental Engineering.

Supriyono, Eddy dkk. 2015. Perbandingan Jumlah Bak Budidaya Cacing Sutra (Tubificidae) Dengan Memanfaatkan Limbah Budidaya Ikan Lele (Clarias Sp) Sistem Intensif Terhadap Kualitas Air Ikan Lele Dan Produksi Cacing Sutra. Dipublikasikan: http://dx.doi.org/10.13170/depik.1.1.2279. Diakses pada tanggal: 23 Juli 2016.

Suswanti, Anna CS dkk. 2013. Pengolahan Limbah Domestik Dengan teknologi Taman Tanaman Air. Indonesian Green Technology Journal, Vol. 2; No. 2.

Suswanti, Anna C.S dkk. 2012. Analisis Luasan Constructed Wetland Menggunakan Tanaman Iris Dalam Mengolah Air Limbah Domestik (Grey Water). Indonesian Green Technology Journal,Vol. 1; No. 3.

Sutyasmi S; dan Budi SH. 2013. Penggunaan Tanaman Air (Bambu Air Dan Melati Air) Pada Pengolahan Air Limbah Penyamakan Kulit Untuk Menurunkan Beban Pencemaran Dengan Sistem Wetland dan Adsorpsi[Majalah]. Vol.9; No.2: 74.

Tangahu, B.V. dan Warmadewanthi, I.D.A.A., 2001, Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Dengan Memanfaatkan Tanaman Cattail (Typha angustifolia) dalamSistem Constructed Wetland, Purifikasi, Volume 2 Nomor 3, ITS – Surabaya

Tatangindatu, F; Kalesaran, O; dan Rompas, R. 2013. Studi Parameter Fisika Kimia Air Pada Areal Budidaya Ikan Di Danau Tondano, Desa Paleloan, Kabupaten Minahasa [Artikel]. Vol. 1; No. 2.

Tosepu, Ramadhan. 2012. Laju Penurunan Logam Berat Plumbum (Pb) Dan Cadmium (Cd) Oleh Eichornia crassipes Dan Cyperus papyrus. Jurnal Manusia Dan Lingkungan, Vol. 19; No. 1.

Wijaya O; dkk. 2014. Pengaruh Padat Tebar Ikan Lele Terhadap Laju Pertumbuhan Dan Survival Rate Pada Sistem Akuaponik[Jurnal]. Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan. Vol.6; No.1:56-57.

Zulkifli, H; Hanafiah, Z; dan Puspitawati, D A. 2009. Struktur Dan Fungsi Komunitas Makrozoobenthos Di Perairan Sungai Musi Kota Palembang: Telaah Indikator Pencemaran Air. Jurusan FMIPA. Universitas Sriwija




DOI:

https://doi.org/10.36441/seoi.v1i2.174

Article Metrics

Abstrak views : 1942 times
PDF views : 1458 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2021 Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Terindeks di:

width=width=width=width= width=

 

 

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats