STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI PANGANDARAN DENGAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX)

Bernard Hasibuan

Abstrak


Untuk menjadikan Pantai Pangandaran menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan maka diperlukanlah strategi pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah Menentukan strategi prioritas untuk pengembangan pariwisata di Kawasan Wisata Pantai Pangandaran dengan menentukan faktor internal dan eksternal dan dengan menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) yang juga didukung dengan metode Matriks IE dan Analisis SWOC, teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan pakar-pakar. Hasil dari penelitian ini yaitu Matriks IE yang menunjukkan bahwa KWPP berada di kuadran I Growth and build yang berarti KWPP perlu berfokus untuk melakukan strategi intensif (Penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk). Hasil dari QSPM telah didapat strategi prioritas dengan nilai Attractive Score paling besar yaitu Strategi S-C (Strenght-Challenge) yaitu Penguatan promosi Pantai Pangandaran melalui media sosial, dengan total aktraktif skor (TAS) paling besar yaitu 6,99..


Kata Kunci


QSPM, SWOC, Pantai Pangandaran, Pariwisata

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.J., Muljadi. 2010. Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Assauri, Sofjan. 2011. “Strategic Management, Sustainable Competitive Advantage”. Indonesia, Jakarta.

David, Fred. R. 2011. Manajemen Strategis-Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

David, Fred. R. 2017. Strategic Management - Concepts and Cases A Competitive Advantage Approach, Vol 16. Singapore : Pearson

Finansia. 2016. Analisis Strategi Dengan Perspektif Value Chain Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), Yogyakarta

Hubeis, Musa dan Mukhamad Najib. 2014. Manajemen Strategik dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Gramedia. Jakarta.

Maria, Kadarusma. 2013. Penerapan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk penentuan Alternatif Strategi Pada STIE Malangkucecwara, Malang

Purwandari. 2015. Analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) Sebagai Landasan Menentukan Strategi Pemasaran Pada SMK Citra Medika Sukoharjo

Puspitasari, Nia, Rumita, Gilang. 2013. Pemilihan Strategi Bisnis Dengan Menggunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dan Model MAUT (Multi Attribute Utility Theory) Sentra Industri Gerabah Kasongan, Bantul, Yogyakarta

Safitri. 2018. Penggunaan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) Untuk Penentuan Alternatif Strategi Prioritas Bisnis Tapis

Setyorini, Effendi, Santoso. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM Restoran WS Soekarno Hatta, Malang

Sunaryo , Bambang, 2013 Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata : Konsep dan aplikasinya di Indonesia, Yogyakarta; Gava Media.

Uli Bramanti. 2018. Perancangan Strategi Pengembangan Pariwisata di Kawasan Pantai Pangandaran Menggunakan Analisis SWOC dan Analytical Hierrchy Process (AHP), Jakarta Yoeti. Oka A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung: Angkasa.




DOI:

https://doi.org/10.36441/seoi.v1i2.173

Article Metrics

Abstrak views : 548 times
PDF views : 646 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c) 2021 Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Sustainable Environmental and Optimizing Industry Journal Terindeks di:

width=width=width=width= width=

 

 

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

View My Stats