PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RESTORAN RAISHA BUTIK HOTEL BOGOR

Julia Ratnawulan Skawanti, Rendi Suhendar

Abstract


Kepuasan konsumen didapat apabila pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapannya. Begitu juga dengan pelayanan yang diberikan oleh Restoran Raisha Butik Hotel Bogor. Melalui kualitas pelayanan, konsumen akan merasa nyaman dan puas sehingga cenderung untuk kembali lagi. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan sampel  yang diambil sebanyak 107 responden yaitu tamu hotel yang datang ke Restoran Raisha Butik Hotel Bogor. Data yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala Likert ordinal untuk melihat korelasi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling.  Data diambil dari 2 variabel antara lain kualitas pelayanan sebagai variabel independen dan kepuasan konsumen sebagai variabel dependen. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis regresi linear sederhana dengan aplikasi SPSS 25.0 dan Microsoft Excel dengan 107 responden. Kesimpulan dari penelitian ini, variabel kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen dilihat dari hasil Koefisien pengaruh variabel Fasilitas (X) terhadap variabel Kepuasan Tamu (Y) = 0,764 yang dapat diartikan bahwa hasilnya menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen memiliki hubungan yang sangat signifikan.

 


Keywords


Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen; Restoran Raisha Butik Hotel Bogor.

Full Text:

PDF

References


Apriliani, I, & Sunarti. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Atmosphere Store dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 60 No. 3 Juli 2018, administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Igir, F. G., Tampi, J. R., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian mobil Daihatsu Grand Max pick up (Studi pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(002).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15thn Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., Keller, K. L., Ancarani, F., & Costabile, M. (2014). Marketing management 14/e. Pearson.

Munawaroh, M. (2015). Manajemen Operasi (1st ed.). LP3M Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Oktavenia. R, & Ardani. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Handphone Nokia dengan Citra Merek sebagai Pemediasi, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3, 2019: 1374 – 1400, ISSN: 2302-8912, Universitas Udayana Bali.

Priyastama, R. (2017). Buku Sakti Kuasai Spss Pengelola Data Dan Analisis Data. Yogyakara:star up.

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi.

Rahmaniyah, S. D. (2018). Pengaruh Promosi, Lokasi dan Produk terhadap Keputusan Pembelian pada pusat oleh- oleh GTT UD Kediri,Jurnal Simki-Economic volume 2 no. 3 tahun 2018, ISSN: 2599-0748, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sujatno, A. B. (2011). Hospitality,secreet skill,etittude and performance for Resturant, Edisi Pertama, Andi , Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sutanta. (2019). Penelitian Kuantitatif, Graha Ilmu, Yogjakarta.

Senggetang, M, & Moniharapon. (2019) Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Perumahan manua emerald city Manado,Jurnal EMBA: Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntasi vol 7 no. 1 tahun 2019 hal: 881-890,Universitas Sam Ratulangi Manado.

Tjiptono. F, & Chandra. G (2017). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian), Yogyakarta.

Tjiptono. F. (2014). Pemasaran jasa prinsip,penerapan dan penelitian, Andi Offset Yogyakarta.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i1.992

Article Metrics

Abstract views : 1948 times
PDF views : 1485 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats