PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN HEDONIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN CHAN WEI JAKARTA

Agung Gita Subakti, Hendaris Adriyanto, Chaterin Chaterin

Abstract


Pola konsumsi vegetarian semakin berkembang di Jakarta terutama Jakarta barat, yang memiliki jumlah restoran vegetarian lebih banyak dibandingkan wilayah Jakarta lainnya. Penelitian ini dilakukan pada salah satu restoran di Jakarta Barat yaitu Restoran Chan Wei Vegetarian Jakarta dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh nilai utilitarian dan nilai hedonik terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, pembagian kuesioner dan observasi. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 100 responden konsumen di Restoran Chan Wei Vegetarian Jakarta dan hasil  pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai utilitarian dan nilai hedonik berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 47,4 persen. 


Keywords


: Keputusan pembelian konsumen; Nilai hedonic; Nilai utilitarian

Full Text:

PDF

References


Andari, R., & Napu, D. M. (2016). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Maskapai Penerbangan Domestik di Davina Tour and Travel Gorontalo. Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(1).

Basso, K. (2019, March 4). Purchase Decision and Purchase Delay of Hedonic and Utilitarian Products in The Face of Time Pressure and Multiplicity of Options. International Journal of Management.

Daftar Restoran Vegan dan Vegetarian di Seluruh Indonesia. (2019, May 15). Retrieved from RestoranVegan.com: https://restoranvegan.com

Department of Health and Food Standards Agency. (n.d.). Retrieved from Vegetarian Society: https://www.vegsoc.org

Ekananda, L. W., & Fanani, D. (2017, Desember). Pengaruh Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonis Terhadap Perilaku Pasca Pembelian (Survei pada Pelanggan Toyota Avanza di AUTO2000 Sutoyo, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 53(1), 152.

Fitriati, A. (2017). Perancangan Buku Visual Resep Sandwich Ala Vegetarian.

Fuadiyah, N., Suharyono, & Hidayat, K. (2016, Juli). Pengaruh Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonik terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 130.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Vol. 8).

International Vegetarian Union. (n.d.). Retrieved from https://ivu.org/

Lamidi, & Rahadhini, M. (2017). Pengaruh Nilai Hedonis, Nilai Utilitarian dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan dan Niat Berperilaku. Riset Fair , 3.

Liu, W. S. (2017). Perilaku Konsumen Vegetarian di Samarinda dan Strategi Pengembangan (Studi Kasus Rumah Makan Vegetarian Fortunate Coffee Tahun 2016). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1775.

Mutlu Yüksel Avcilar & Tufan Özsoy (2015). Determining The Effects of Perceived Utilitarian and Hedonic Value on Online Shopping Intentions. International Journal of Marketing Studies. Vol X No X DOI:10.5539/ijms.v7n6p27.

Nielsen . (2016, Agustus 30). Retrieved from Nielsen: www.nielsen.com

Nofri, O., & Hafifah, A. (2018, Januari-Juni). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), 5(1), 116.

Oliver's Travels . (2017). Retrieved from www.oliverstravels.com

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis (Vol. 1). Andi Publisher.

Rahayu, T., & Auliana, R. (2017). Pengetahuan Tentang Vegetarian dan Pola Makan Pengunjung di Restoran Loving Hut Jalan Demangan Baru No. 16 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga , 4.

Said, F., & Rahmawati, I. (2014). Perbedaan Angka Rata-Rata Karies Gigi Antara Masyarakat Bali Vegetarian dan Non-Vegetarian di Desa Basarang Jaya Kabupaten Kapuas. Jurnal Skala Kesehatan, 5(1).

Santoso, G. J., Soeparto, A. W., & Soetedja, V. (2018, Desember`). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pengunjung Honda DBL Surabaya. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(5), 620.

Shafira, A., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser dan Keinovatifan Produk terhadap Keputusan Pembelian, Serta Citra Merek dan Nilai Utilitarian Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Provider Seluler XL di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(3).

Somba, W. E., Sunaryo, & Mugiono. (2018). Pengaruh Nilai Hedonis Dan Nilai Utilitarian Terhadap Behavioral Intention Dengan Word of Mouth (Wom) Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 6(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Vol. 26). Alfabeta Bandung.

Vegetarian Times. (2017, May 10). Retrieved from https://www.vegetariantimes.com

Wann-Yih Wu, Ching-Ching Ke & Phuoc-Thien Nguyen. (2019). Online Shopping Behavior in Electronic Commerce: An Integrative Model From Utilitarian and Hedonic Perspective. International Journal of Entrepreneurship 22(3).

Wulan, W. S., Mawardi, M. K., & Pangestuti, E. (2016, September). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Restoran Kayu Manis Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 177.

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019, April). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntasi, 3(1), 94.

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1), 360.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i1.989

Article Metrics

Abstract views : 555 times
PDF views : 535 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats