STRATEGI PRICING TRANSPORTASI ANGKUTAN PENUMPANG JALAN RAYA PARIWISATA PADA MASA PANDEMI

Veny Ari Sejati

Abstract


Masa pandemic Covid-19 masyarakat cenderung memilih untuk berdiam diri di rumah daripada bepergian khususnya untuk berwisata menggunakan jasa sewa transportasi.  Teknik penelitian ini adalah kualitatif.  Pengumpulan data menggunakan moderate partisipan, dan obyek dalam penelitian ini adalah Suzuki Magetan Trans yang berlokasi di Magetan dan Bojonegoro Jawa Timur, serta media sosial facebook @SMTrans007.  Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana strategi harga transportasi penumpang jalan raya pariwitasa pada masa pandemic?  Produk Suzuki Magetan Trans adalah jasa sewa transportasi minibus angkutan penumpang jalan raya 14 dan 20 seats yang digunakan untuk business or corporate travelers ataupun leisure travelers (tourists), antar jemput karyawan serta anak sekolah,  serta layanan sewa kendaraan angkutan barang berupa truk dan pik-up yang digunakan untuk angkutan material proyek dan logistic.  Dalam menetapkan harga pada masa pandemi, Suzuki Magetan Trans menawarkan biaya sewa fleksibel dan negotiable kepada penyewa individu maupun agen tour dan travel.  Artikel ini diharapkan dapat memberi wawasan strategi harga transportasi angkutan penumpang jalan raya pariwisata pada masa pandemic serta membantu masyarakat yang ingin mulai berbisnis di bidang transportasi angkutan penumpang jalan raya untuk pariwisata.


Keywords


Jasa; People; The 8 stages of travel; Product line pricing; Competitive pricing

Full Text:

PDF

References


DeWalt, K. M., & DeWalt, B. R. (2011). Participant observation: A guide for fieldworkers (Vol. 2).

Basu Swastha Dharmmesta, T. (2016). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Komsumen.

Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2011). In-depth interviews. Qualitative Research Methods. London: Sage, 108-134.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler,P & G.Amstrong. (2004). Principles of Marketing. New Jersey: prentice Hall.

Moriarty, S., Mitchell, N. D., Wells, W. D., Crawford, R., Brennan, L., & Spence-Stone, R. (2014). Advertising: Principles and practice. Pearson Australia.

Schindler, R. (2012). Pricing Strategies. A Marketing Approach. Singapore: Sage Publications, Inc.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. bandung : Alfabeta.

Widjaja, B. T. (2009). Lifestyle Marketing. PT.Gramedia: Jakarta.

Wulandari, W. (2012). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pad Waserda UKM MArt Koperasi Karyawan. Manajemen Akuntansi Vol1. No.3.

Website

https://www.msn.com/id-id/otomotif/berita/ini-syarat-keluar-kota-pakai-kendaraan-umum-dan-pribadi-mulai-18-mei-2021/(diakses pada 20 Mei 2021)




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v4i2.658

Article Metrics

Abstract views : 311 times
PDF views : 338 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats