ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK

Rima Pratiwi Batubara, Dinar Adeya Putri

Abstract


Taman Nasional Gunung Halimun Salak menjadi sebuah taman nasional yang sebelumnya merupakan sebuah hutan lindung. Kawasan ini menjadi salah satu temapat wisata terbaik yang ada di Bogor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana daya tarik wisata berpengaruh terhadap minat berkunjung ulang wisatawan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan responden yang diambil dari sampel sebanyak 100 responden yang merupakan wisatawan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa korelasi antara variabel daya tarik wisata (x) dengan variabel minat berkunjung ulang (y) dalam kategori kuat. Daya tarik wisata memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung ulang wisatawan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak berdasarkan thitung > ttabel (8,935 > 1,98447). Daya tarik wisata memberikan pengaruh sebesar 44,9%.


Keywords


Daya Tarik Wisata; Minat Berkunjung Ulang; Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Full Text:

PDF

References


Batubara, R. P. (2020). Strategi Pengembangan Oukup sebagai Ekowisata Kesehatan Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25(2), 121-132.

Nurlestari, A.F., 2016. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Wisatawan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Jurnal Pariwisata, 1-9.

TripAdvisor. 2020. 10 Taman & Objek Wisata Alam Terbaik Di Bogor [Online]. Tersedia di https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g297706-Activities-c57-Bogor_West_Java_Java.html [Diakses pada tanggal 9 Maret 2021].

Koda, MC., Nurlette NKS. 2018. Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan (Studi di Monumen Monjali Yogyakarta). Arsip Penelitian Mahasiswa. Yogyakarta: STP AMPTA Yogyakarta.

Ramadhayanti, A. (2019). Aplikasi SPSS Untuk Penelitian Dan Riset Pasar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v4i2.657

Article Metrics

Abstract views : 3397 times
PDF views : 2724 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats