PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA DAN PENGALAMAN BERWISATA TERHADAP INTENSI MENGUNJUNGI KEMBALI PADA WISATAWAN OBYEK WISATA PEMANDIAN AIR PANAS GUNUNG TORONG KABUPATEN PANDEGLANG

Sabila Noerhanifati, Dientje Griandini, Terrylina Arvinta Monoarfa

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh citra destinasi wisata dan pengalaman berwisata yang tak terlupakan terhadap intensi mengunjungi kembali pada wisatawan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Torong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dengan analisis data menggunakan path analysis dengan SPSS versi 24. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Torong. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Sampel yang berhasil dijangkau dalam penelitian ini berjumlah 150 wisatawan Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Torong. Dalam uji koefisien determinasi variable keseluruhan dapat diketahui bahwa nilai Rsquare adalah 0,874. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra destinasi wisata terhadap intensi mengunjungi kembali. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keterikatan citra destinasi wisata terhadap pengalaman berwisata yang tak terlupakan. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan terhadap intensi mengunjungi kembali. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan citra destinasi wisata terhadap intensi mengunjungi kembali melalui pengalaman berwisata yang tak terlupakan.


Keywords


Intensi Mengunjungi Kembali, Citra Destinasi Wisata, Pengalaman Berwisata Yang Tak Terlupakan

References


Chandralal, L., & Valenzuela, F.-R. (2013). Exploring memorable tourism experiences: Antecedents and behavioural outcomes. Journal of Economics, Business and Management, 1(2), 177-181.

Chen, H., & Rahman, I. (2018). Cultural Tourism: An Analysis of Engagement, Cultural Contact, Memorable Tourism Experience and Destiantion Loyalty Tourism Management Perspectives, 26, 153 - 163. doi:10.1016

Coban, S. (2012). The effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29(2), 222-232.

Hsu, C. H., Cai, L. A., & Li, M. (2010). Expectation, motivation, and attitude: A tourist behavioral model. Journal of travel research, 49(3), 282-296.

Jeon, H. (2013). The Effect of Experiential Marketing on Customer Satisfaction and Revisit Intention of Beauty Salon Franchise Stores. Journal of Fashion Business, 17(3), 109-121.

Kemenpar. (2020). Data Kunjungan Wisatawan Mancanegara Bulanan Tahun 2019. Retrieved Februari 10, 2020 from www.kemenpar.go.id website: https://www.kemenpar.go.id/post/data-kunjungan-wisatawan-mancanegara- bulanan-tahun-2019

Kemenparekraf. (2019). Siaran Pers : Pariwisata Diproyeksikan Jadi Penyumbang Devisa Terbesar Lima Tahun ke Depan. Retrieved Februari 10, 2020, from https://www.kemenparekraf.go.id/post/siaran-pers-pariwisata-diproyeksikan-jadi- penyumbang-devisa-terbesar-lima-tahun-ke-depan website:

Lin, & Chung-Hsien. (2014). Effects of Cuisine Experience, Psychological Well-Being, and Self-Health Perception on The Revisit Intention of Hot Springs Tourists. Journal of Hospitality & Tourism Research, 38(2), 243-265. doi:doi:10.1177/1096348012451460

Pantouw, P., & Pangemanan, S. S. (2014). The Effect Of Destination Image And Tourist Satisfaction On Intention To Revisit In Lembeh Hill Resort. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Sindonews. (2017). Kontribusi Pertumbuhan Pariwisata di Sektor Ekonomi Terbesar dan Tercepat. Retrieved Februari 10, 2020 from https://ekbis.sindonews.com website: https://ekbis.sindonews.com/read/1231216/34/kontribusi-pertumbuhan-pariwisata- di-sektor-ekonomi-terbesar-dan-tercepat-1502940648

Stylos, N., Vassiliadis, C. A., Bellou, V., & Andronikidis, A. (2016). Destination images, holistic images and personal normative beliefs: Predictors of intention to revisit a destination. Tourism Management, 53, 40-60.

Tung, V. W. S., & Ritchie, J. B. (2011). Exploring the essence of memorable tourism experiences. Annals of tourism research, 38(4), 1367-1386.

Wang, Y.-H., Wang, Y.-H., Chiu, J.-H., Liou, J.-Y., & Yu-ShiangYang. (2015). Recreation Benefit, Recreation Experience, Satisfaction, and Revisit Intention –Evidence from Mo Zai Dun Story Island. Journal of Business & Economic Policy, 2(2), 53-61.

Wibowo, S. F., Sazali, A., & Rivai, A. K. (2016). The Influence of Destination Image and Tourist Satisfaction Toward Revisit Intention of Setu Babakan Betawi Cultural Village. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 7(1), 136-156.

Wikipedia. (2019). Kabupaten Pandeglang. Retrieved Februari 10, 2020, from Wikipedia Ensiklopedia Bebas website: https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Pandeglang

Yoeti, O. A. (2008). Ekonomi Pariwisata. Jakarta: Kompas.

Zhang, H., Wu, Y., & Buhalis, D. (2018). A Model of Perceived Image, Memorable Tourism Experiences and Revisit Intention. Journal of Destination Marketing & Management, 8, 326-336.

Zhang, H., Xu, F., Leung, H. H., & Cai, L. A. (2016). The influence of destination-country image on prospective tourists’ visit intention: Testing three competing models. Asia Pacific Journal of Tourism Research, 21(7), 811-835.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.46

Article Metrics

Abstract views : 2073 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 1737 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats