PENGARUH PENGEMBANGAN OBYEK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PANTAI AKKARENA KOTA MAKASSAR

Muhammad Arhan Rajab, Rusmin Nuryadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh antara pengembangan obyek wisata terhadap kepuasan wisatawan pada objek wisata Pantai Akkarena di Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan Pada objek wisata Pantai Kota Makassar, yang menjadi populasi adalah semua pengunjung yang berkunjung pada Tahun 2019 yaitu sebanyak 1.250 orang. Untuk menentukan sampel yang akan dijadikan responden ditetapkan dengan rumus Slovin sebanyak 100 orang wisatawan, sedangkan teknik pengumpulan data digunakan metode kuesioner dan interviuw, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik infrensial Korelasi Product Moment dengan rumus angka kasar (rXY). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh Pengembangan Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan mempunyai korelasi kuat ditunjukkan dengan koefisien korelasi rhitung sebesar 0,716 ternyata > (lebih besar) dari rtabel sebesar 0,195 pada taraf signifikan 5% dan sebesar 0,254 pada taraf signifikan 1%. Dan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh bahwa variabel Pengembangan Obyek Wisata (X) memberi pengaruh sebesar 51,26 % terhadap variabel Kepuasan Wisatawan (Y), sedangkan selebihnya yaitu sebesar 48,74 % adalah dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak turut diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


wisata pantai, kepuasan, wisatawan, pantai akkarena.

References


Agyeiwaah, E., et al. (2016). Make customer, not a sale: Tourist satisfaction in Hongkong. Tourism Management 57 (2016): 68-79.

Dinas Pariwisata Kota Makassar. (2019). Potensi Pariwisata di Kota Makassar. Makassar Sulawesi Selatan.

Nawawi, Ahmad. (2013). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Wisata Pantai Depok di Desa Kretek Parangtritis. Jurnal Nasional Pariwisata.

Nurfaida, (2009). Pengembangan Dan Rencana Pengelolaan Lanskap Pantai Kota Makassar Sebagai Waterfront City. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor (ID).




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i1.44

Article Metrics

Abstract views : 298 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 208 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats