ANALISIS STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) KEGIATAN TELEMARKETING DI HOTEL SALAK THE HERITAGE

Ina Djamhur, Ananda Widianti Zulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar operasional prosedur (SOP) kegiatan telemarketing di Hotel Salak The Heritage. Responden dalam penelitian ini berjumlah 70 orang yang mewakili instansi pemerintahan dan perusahaan swasta yang pernah melakukan kegiatan meeting dan lainnya di Hotel Salak The Heritage pada tahun 2019 berdasarkan hasil promosi melalui telemarketing. Metode Penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dalam survei penelitian menggunakan pendeketan kuantitatif, informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner dan juga wawancara kepada informan kunci. Pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara Sales and Marketing Dapartement di Hotel Salak The Heritage untuk pengumpulan data yang sedalam-dalamnya. Melalui penelitian desktiptif, akan diperoleh gambaran dan penjelasan mengenai SOP telemarketing. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kegiatan telemarketing sudah dijalankan sesuai SOP dengan nilai 90.5%.   Namun, masih terdapat beberapa kelemahan dalam kegiatan telemarketing. Oleh karena itu, disarankan agar para telemarketer mendapatkan pelatihan secara rutin (tiga bulan sekali), misalnya berkomunikasi secara fasih, pelayanan prima serta motivasi. 


Keywords


Telemarketing; Telemarketer; Standar Operasional Prosedur

Full Text:

PDF

References


Ajat, S. (2017). Disparbud Jabar Genjot Potensi Pariwisata Lima Daerah dalam Artikel. Jabar Antara News (https://jabar.antaranews.com/berita/64405/disparbud-jabar-genjot-potensi-pariwisata-lima-daerah), diakses 10 November 2019.

Ardianto, J. (2015). 177 Problem solving of direct marketing. Jakarta Selatan: FlashBooks.

Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Wisatawan Nusantara. Jakarta: Sub Direktorat Statistik Wisatawan Nusantara BPS RI.

Bappeda Kota Bogor. 2018. Bogor City in Figures. Bogor : Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BPS Kota Bogor.

Cummins, J., & Mullin, R. (2004). Sales Promotion Menciptakan Mengimplementasikan dan Mengintergrasikan program promosi penjualan (Hest i Widyanigrum, penerjemah). Jakarta: Penerbit PPM.

Cravens, D. W., & Piercy, N. (2006). Strategic marketing (Vol. 6). Columbus: McGraw-Hill.

Dan, Z. (2010). The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata. (2015). Rencana Strategis Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Tahun 2015 -2019. Jakarta: Kementerian Pariwisata RI.

Freddy, R. (2008). The power of brands. Jakarta: gramedia pustaka utama.

Hartatik, I. P. (2014). Buku Pintar Membuat SOP. Flashbooks. Yogyakarta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1 edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.

Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management, 15e édition. New Jersy: Pearson Education.

Nickels, W. G. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua, Cetakan Ke-tigabelas, Basu, Swastha DH., Irawan) Yogyakarta: Liberty Offset.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Rahmawaty, L. (2019). Kunjungan wisatawan Kota Bogor 2018 lampaui target dalam Artikel. Megapolitan Antara News. (https://megapolitan.antaranews.com/berita/47529/kunjungan-wisatawankota-bogor- 2018-lampaui-target), diakses 10 November 2019.

Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Gramedia Pustaka Utama.. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rowson, P. (2000). Easy Step by Step Guide to Marketing. Summersdale Publishers LTD-ROW.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Cet. IV: Jakarta: Prenadamedia Group.

Sihite, R. (2000). Tourism Industry. Surabaya: SIC.

Suparyogo, I. (2001). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Tathagati, A. (2017). Step By Step; Membuat SOP Standard Operating Procedure.

World Economic Forum. (2017). The Travel & Tourism Competitiveness Report 2017 Paving the way for a more sustainable and inclusive future. Geneva : The World Economic Forum.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i2.409

Article Metrics

Abstract views : 699 times
PDF views : 1116 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats