PENGELOLAAN WEBSITE DINAS PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Yunice Marisa

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi profile website Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan kuesioner terhadap 80 wisatawan pada beberapa destinasi wisata di Provinsi Lampung. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik, pengujian keabsahan data dan pendekatan evaluasi pengelolaan website. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa website yang ada di Dinas Pariwisata masih kurang menarik. Selanjutnya rekomendasi penelitian ini dalam pengelolaan website yang menarik, strategi SEO atau mesin pencari merupakan fokus utama dalam memaksimalkan promosi melalui website, konten adalah salah satu elemen yang sangat berpengaruh terhadap optimalisasi SEO. Online advertising juga sangat membantu untuk dapat memberi informasi kepada wisatawan. Promosi online secara keseluruhan dapat disimpulkan bersifat positif atau baik. Daya tarik objek wisata di Provinsi Lampung cukup menarik untuk dikembangkan.  


Keywords


Website; Kualitatif; Promosi Online; Daya Tarik; Kunjungan Wisatawan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Albarq, A. N. (2014). Measuring the impacts of online word-of-mouth on tourists' attitude and intentions to visit Jordan: An empirical study. International Business Research, 7(1), 14.Flew, Terry (2014).New Media: An Introduction, Oup Australia And New Zealand

Gobel, T. (2016).Strategi E-Tourism Sulawesi Selatan,Jurnal Penelitian Ilmiah

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of word of mouth on inbound tourists' decision for traveling to Islamic destinations (the case of Isfahan as a tourist destination in Iran). Journal of Islamic Marketing.

Abdul, K. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kuryanti, S. J., & Indriani, N. (2018). Pembuatan Website Sebagai Sarana Promosi Pariwisata:(Studi Kasus: Pantai Jatimalang, Purworejo). Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 2(2), 37-46.

Mico, P. (2014).Pengenalan Internet. Surabaya : Indah Surabaya

Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Karya, Bandung.

Riadi, E. P. (2017). Statistika penelitian : Analisis Manual, Andi Offset, Yogyakarta.

Sammeng, M. A. (2015). Cakrawala Pariwisata, Jakarta.

Soekatijo, R.G. (2014). Anatomi Pariwisata, memahami Pariwisata sebagai System Lingkage, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Sugiarto. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta: Gramedia Pustaka

Wardah. (2017). Pengelolaan Website Sebagai Media Informasi Publik Pada Humas Di Kota Pekanbaru, Jurnal Penelitian Ilmiah.

Yoeti, O. A. (2014). Tourand Travel Marketing, Jakarta : PT. Pradnya Pramita




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v3i2.407

Article Metrics

Abstract views : 63 times
PDF views : 60 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats