MODEL KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA OBYEK WISATA DI KOTA SEMARANG

DC. Kuswardani, Tri Endang Yani

Abstract


Tujuan penelitian ini memberikan kontribusi untuk mengoptimalkan pariwisata di kota Semarang. Variabel yang diuji untuk mengoptimalkan keputusan mengunjungi obyek wisata di kota Semarang secara langsung adalah Gaya Hidup, Destinasi Image, Atribut Produk Wisata dan Electronic Word of Mouth merupakan variabel yang diduga memoderatori pengaruh Gaya Hidup pada Keputusan berkunjung pada obyek wisata di kota Semarang. Populasi adalah semua pengunjung obyek wisata di kota Semarang, sedangkan sampel ditentukan sebesar 100 responden dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Alat analisis yang dipergunakan adalah Structural Equation Medelling (SEM) dengan aplikasi program Partial Least Square (PLS) yaitu smartPLS.3.0 Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa semua Hipotesis didukung. Gaya Hidup, Destination Image dan Atribut Produk Wisata positif signifikan berpengaruh pada Keputusan berkunjung pada obyek wisata di kota Semarang. Electronic Word of Mouth terbukti berperan sebagai Pure Moderator dalam memoderasi pengaruh Gaya Hidup pada Keputusan berkunjung pada obyek wisata di kota Semarang.


Keywords


Gaya Hidup, Destinasi Image dan Atribut Produk Wisata, Electronic Word of Mouth, Keputusan berkunjung pada obyek wisata di kota Semarang

References


Friesner, T. (2014). Consumer behavior: Internal influences. Retrieved from: http://www.marketingteacher.com/internal-influences-lifestyle-and-attitude/. [Accessed 7/5/2015].

Goldsmith, R. 2008. Electronic Word-of-Mouth, Ecommerce: Florida. Idea Group Reference Global.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., dan Gremler, D. D., 2004, Electronic word-of-mouth via consumeropinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet. Journal of Interactive Marketing, Vol.18(1), p.38-52.

Hossain, M.K. dan Islam. S., 2019, An Analysis of Destination Attributes to Enhance Tourism Competitiveness in Bangladesh, African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, Vol. 8(2), p.81-88. Jalilvand, R, Esfahani, S.S., dan Samiei, N., 2011, Electronic word-of-mouth: challenges and opportunities, Procedia Computer Science, Vol. 3 (2), p. 42–46.

Joesyiana, K., 2018, pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru, Jurnal Valuta,Vol. 4(1), p. 21-27.

Kim. (2003). Elsevier-lifestyle analysis: A dimension for future-oriented bank research. Journal of Bank Research.

Kavak, B., dan Gumusluoglu, L., 2007, Segmenting food markets-the role of ethnocentrism and lifestyle in understanding purchasing intentions, International Journal of Market Research, Vol.49(1), 71-94.

Jalilvand, Reza, M. dan Samiei, N., 2012, The Effect of Word of Mouth on Inbound Tourists’ Decision for Traveling to Islamic Destination (The Case of Isfahan As a Tourist Destination in Iran). Journal of Islamic Marketing, vol.3(1), p.12-21.

Lahindah, B.L., , Merisa dan Siahaan, R.A., 2016, The Influence of Product Innovation and Service Quality to Buying Decision and the Impact to Repeat Buying at Progo Road, The Asian Journal of Technology Management, Vol. 11(2), p. 118-124. Mohiudin, Z.A, 2018, Effect of Lifestyle on Consumer Decision Making: A Study of Women Consumer of Pakistan, Journal of Accounting, Business and Finance Research, Scientific Publishing Institute, vol. 2(1), p.12-15.

Madafuri,B., 2018, Implication Of Characteristics Of Tourism Products Towards Marketing Strategy, International Journal of Scientific & Technology Research Vol.7(8), p. 62-71.

Mardhotillah, I., dan Saino, 2013, Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Baseball Food Court Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Mayasari, W.M., dan Budiatmo, A., 2017, Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung pada Objek Wisata Taman Margasatwa Semarang, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.6(1), p. 38-46. Napitupulu, M.G.P., 2015, Pengaruh gaya Hidup, Motivasi, dan Persepsi Konsumen Pria dalam Pengambilan Keputusan Pembelian pada Salon Tiara di Kota Malang, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakutas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Vol.3(2), p. 17-25.

Nofiawaty dan Yuliandi, B., 2014, Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Outlet Nyenyes Palembang, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, vol.12(1),p. 56- 73

Nugroho T., Sumarwan, U, dan Kirbrandoko, 2015, factors influencing the purchase decision of organic tofu, Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, Vol. 1(3), p15-24.

Pangestu, S. D. dan Suryoko, S., 2016, Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pelanggan Peacock Coffie Semarang), Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 5(1) hal.15-23.

Qing, P., Lobo, A., dan Chongguang, L., 2012, The impact of lifestyle and ethnocentrism on consumers' purchase intentions of fresh fruit in China, Journal of Consumer Marketing, Vol.29(1), p.43-51.

Ram, K.P. dan Manoj, K.J., 2014, Consumer buying decisions models: A descriptive study, Intermational Journal of Innovation and Applied Studies, vol. 6(3), p. 20-28. Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Sathish, S. dan Rajamohan, A., 2012, Consumer Behaviour and Life Style Marketing, International Journal of Marketing, Financial Services & Management Research, Vol.1(10), p.1-8.

Wibowo, A., dan Soedjono, 2014, Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di "D'Stupid Baker" Surabaya, Jurnal Ilmu Riset Manajemen, vol. 3(12), p.21-29.

Widjaja, T B., 2009, Lfestyle Marketing: Paradigma Baru Pemasaran Bisnis Jasa dan Lifestyle, Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama

Yusuf, A., Sulaeman, E., 2014, Pengaruh Atribut Produk Wisata terhadap Place Branding dan Implikasinya terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Wisata Pantai (Survey Terhadap Wisatawan Nusantara di Kabupaten Karawang), Jurnal Ilmiah Solusi, Vol. 1(1), p.27-36




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i2.39

Article Metrics

Abstract views : 156 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 267 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats