REPLIKA “KAMPUNG EROPA” SEBAGAI DAERAH TUJUAN PARIWISATA LOKAL DI LEMBAH HARAU PAYAKUMBUH, SUMATRA BARAT (ANALISIS PENGEMBANGAN PARIWISATA DI SUMATERA BARAT)

Mila Falma Masful

Abstract


Lembah Harau, yang keindahan alamnya menakjubkan, adalah tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi. Wisatawan akan menikmati hamparan sawah, tebing tinggi yang menakjubkan, dan air terjun yang menenangkan. Bahkan ada juga fasilitas homestay yang tersedia untuk bermalam. Jadi untuk keberlanjutannya, saat ini terdapat berbagai jenis fasilitas yang dibangun oleh pemerintah daerah Sumatera Barat, yaitu ada berbagai jenis negara asing seperti Perancis dan Korea. Rupanya replika ini sangat populer di kalangan negara-negara asing yang populer seperti Belanda. Bahkan ketika liburan Lebaran dan Tahun Baru di Lembah Harau sangat ramai dan selalu ramai. Pengunjung senang datang ke tempat ini karena mereka ingin berfoto mengikuti tren. Media sosial seperti Instagram dan Facebook telah memengaruhi orang untuk memilih tujuan wisata yang ingin mereka kunjungi. Jadi media membuat jalan bagi para manajer industri pariwisata untuk melakukan komodifikasi audiensi. Penelitian ini untuk menguji pengembangan potensi wisata lokal berdasarkan pengaruh media sosial yang digunakan oleh masyarakat.


Keywords


Pariwisata Lokal, Teori Komodifikasi, Sumatera Barat

References


Buhalis, D. (2003). eTourism: Information technology for strategic tourism management. Pearson education.

Kriyantono, R. (2007). Riset Komunikasi, Cetakan ke-3. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Martono, N. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial (Sampel halaman). RajaGrafindo Persada Jakarta.

Prasiasa, D. P. O. (2013). Destinasi Pariwisata Berbasis Masyarakat. Penerbit Salemba Humanika.

Putra, A. M., & Febrina, A. (2019). Fenomena Selebgram Anak: Memahami Motif Orang Tua. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1093-1108.

Sullivan, J. L. (2019). Media audiences: Effects, users, institutions, and power. SAGE Publications, Incorporated.

Turow, J. (2014). Media today: Mass communication in a converging world.(5th Eds.).

Uslu, A., Koçoğlu, C. M., & Acar, A. (2018). An Application to Determine the Factors Effecting the Hedonic Consumption Behavior of Foreign Tourists in Fethiye. Social Sciences Researches in the Globalizing World, 439.

Vellas, F., & Bécherel, L. (Eds.). Pemasaran Pariwisata Internasional: Sebuah Pendekatan Strategis. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/lembah-harau-bentangan-dinding-alam-di-ujung-timur-sumatera-barat




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i2.34

Article Metrics

Abstract views : 167 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 272 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats