ANALISIS DAYA DUKUNG PULAU LIUKANG LOE UNTUK PENGEMBANGAN WISATA PANTAI

Muhammad Arhan Rajab

Abstract


Pulau Liukang Loe terletak di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Wilayah ini memiliki daya tarik berupa pantai berpasir putih dan landai serta pemandangan laut yang indah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji kesesuaian lahan dan daya dukung (carrying capacity) Pulau Liukang Loe untuk kegiatan wisata pantai. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret 2020. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan ground check dan pengukuran parameter in situ serta studi literatur dari berbagai sumber data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata pantai termasuk dalam kategori sesuai dengan panjang pantai 1.411 m dan sesuai bersyarat dengan panjang pantai 1.279 m. Kategori sesuai berada di pantai sebelah utara (Kampung Ta’buntuleng) dan kategori sesuai bersyarat berada di pantai sebelah tenggara (Kampung Pasilohe) dengan daya dukung kawasan kategori wisata pantai sebesar 56 (Orang/hari).


Keywords


wisata pantai, kesesuaian lahan, daya dukung, pulau liukang loe.

References


Ali, D (2004). Pemanfaatan Potensi Sumberdaya Pantai Sebagai Obyek Wisata Dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Sekitar LokasiWisata (Studi Kasus Di Kawasan Wisata Pantai Kartini Jepara). Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang

Bengen, DG (2003). Definisi, Batasan dan Realitas Pulau-pulau Kecil. Makalah disajikan pada Seminar Sehari Validasi Jumlah Pulau-pulau dan Panjang Garis Pantai di Indonesia.

Dahuri, R (2003). Keanekaragaman hayati laut aset pembangunan berkelanjutan Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama.

Nawawi, Ahmad (2013). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Wisata Pantai Depok di Desa Kretek Parangtritis. Jurnal Nasional Pariwisata.

Yulianda, Fredinan, et al. (2010). Pengelolaan Pesisir dan Laut Secara Terpadu. Book 3. Bogor (ID): Pusdiklat Kehutanan-Kehutanan-Departemen Kehutanan RI-SECEM- Korea International Coorporation Agency.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i2.33

Article Metrics

Abstract views : 129 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 180 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats