ANALISIS DESTINASI PARIWISATA PULAU KELAPA DAN PULAU HARAPAN DI KEPULAUAN SERIBU JAKARTA

Miswan Miswan, Uuh Sukaesih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas destinasi pariwisata meliputi daya tarik, fasilitas, dan aksesibilitas pariwisata di Pulau Kelapa dan Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada100 orang yang sudah mengunjungi objek wisata Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Metode analisis dilakukan dengan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskriptifkan hasil penelitian yang selanjutnya dihitung nilai rata-ratanya. Hasil penelitian mengenai penilaian wisatawan terhadap kualitas destinasi pariwisata Pulau Kelapa dan Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Jakarta dengan skala penilaian 1 sampai 4, diperoleh rata-rata = 3.24 (kategori baik). Indikator kualitas destinasi wisata yang lebih tinggi dari rata-rata yaitu: 1) Keindahan alam pantai, 2) Keindahan terumbu karang, 3) Ketersediaan penginapan, 4) Ketersediaan penjual makanan dan minuman, 5) Keterjangkauan harga makanan dan minuman, 6) Kenyamanan transportasi, 7) Keterjangkauan biaya transportasi. Indikator kualitas destinasi wisata yang lebih rendah dari rata-rata yaitu: 1) Kebersihan pantai, 2) Ketersediaan fasilitas permainan air, 3) Keterjangkauan harga fasilitas permainan air, 4) Ketersediaan air bersih, 5) Kemudahan transportasi, 6) Keamanan transportasi.


Keywords


Destinasi, Pariwisata.

References


Basiya, R., & Rozak, H. A. (2012). Kualitas Dayatarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11(2).

Damardjati, R. S. (1992). Istilah-Istilah Dunia Pariwisata. pradnya paramita..

Kirom, N. R., Sudarmiatin, S., & Putra, I. W. J. A. (2016). Faktor-Faktor Penentu Daya Tarik Wisata Budaya dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 536-546.

Marpaung, H., & Bahar, H. (2002). Pengantar pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Mayers, G. E & Mayers, M.T. (2009). The Dynamics OF Human Communication. Sixth Edition. Mc Graw Hill, Inc: New York.

Mill, R. C, Alih Bahasa Sastro Tribudi. (2011). Tourism The international Business, Edisi Bahasa Indonesia. Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mulyadi. (2010). Daya Tarik Wisata. Edisi Keenam. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat. Jakarta.

Pendit Nyoman, S. (2010). Pengantar Ilmu Pariwisata..

Razak, A., & Suprihardjo, R. (2013). Pengembangan Kawasan Pariwisata Terpadu di Kepulauan Seribu. Jurnal Teknik ITS, 2(1), C14-C19.

Richardson, J. I., & Fluker, M. (2004). Understanding and managing tourism. Pearson Education Australia.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan pembangunan destinasi pariwisata: konsep dan aplikasinya di Indonesia (No. 1). Penerbit Gava Media Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia..




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i1.26

Article Metrics

Abstract views : 26450 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 1650 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats