PERSPEKTIF PR DAN IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DAN BELANJA DI SERANG, BANTEN

Dewi Widowati

Abstract


Terdapat beberapa objek wisata perlu mendapat perhatian penuh dari pemerintah daerah melalui SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan semua pemangku kepentingan di daerah. Dengan demikian kerja sama yang integratif sangat penting dilakukan oleh pihak-pihak terkait, sehingga visi pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata daerah dapat terwujud. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Relationship Management Theory (Ardianto & Soemirat, 2007), pemerintah sebagai pihak yang berperan penting dalam memajukan dan mengembangkan pariwisata daerah perlu mengelola program pariwisata daerah, melalui program kampanye pariwisata yang kemudian disebut “komunikasi pariwisata”. Bagaimana kemudian upaya ini dintegrasikan dengan para pemangku kepentingan terkait pariwisata Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif intepretatif, dengan paradigma interpretatif. Penelitian dilakukan terhadap para pemangku kepentingan terkait bidang pariwisata, tentang bagaimana, dan apa yang telah dilakukan, sedang dilakukan, dan yang akan dilakukan terhadap upaya memajukan dan mengembangkan pariwisata di Banten terutama bidang wisata kuliner dan belanja. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kepustakaan mengenai dunia pariwisata, baik secara teoritis maupun praktis yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten.


Keywords


Public relations; Komunikasi pariwisata; Relationship management theory.

References


Elvinaro, A. (2004). Jurnal Komunikasi dan Informasi. Fikom Unpad, Volume 3. Divisi Penerbitan Jurnal Fakultas/Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Banten. (2014). Apa dan Siapa Orang Banten – Pandangan Hidup, Kosmologi dan Budaya. Biro Humas dan Protokol Provinsi Banten. Serang.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2005). Effective public relations merancang dan melaksanakan kegiatan kehumasan dengan sukses. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Suryana, A. (2004). Analisis Efektivitas Organisasi. Jurnal Komunikasi dan Informasi. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Bandung.

Syam, N. W. (2010). Komunikasi Pariwisata di Indonesia. News Publishing. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats