PENGARUH PERCEIVED QUALITY WEBSITE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE TAMAN WISATA MATAHARI

Apriyanto Apriyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perceived quality webside terhadap minat berkunjung ke Taman wisata Matahari. Penilaian atas perceived quality website menggunakan dimensi Technology Acceptance Model (TAM) dengan lima konstruk yaitu perceived Ease of Use, perceived usefulness, attitude toward using, behavioral intention to use, dan actual technology usage. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna website dan pengunjung dewasa Taman Wisata Matahari berjumlah 785.607, pengambilan sampel sebesar 100 dengan menggunanakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis dan analisis korelasi determinasi. Total rata-rata tanggapan pengunjung terhadap perceived quality website Taman Wisata Matahari sebesar 3,99 yang artinya pengunjung setuju. Rata-rata penilaian responden pada minat berkunjung ke Taman Wisata Matahari sebesar 4,13, artinya bahwa website Taman Wisata Matahari sangat mampu mendorong minat pengunjung untuk melakukan kunjungan ke Taman Wisata Matahari. Secara keseluruhan pengaruh perceived quality website terhadap minat berkunjung adalah sebesar 34,4% dan sisanya sebesar 65,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak temasuk dalam penelitian ini.


Keywords


perceived quality website, TAM, minat berkunjung

References


Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung, CV Alfabeta.

Ardhiani, L, N. (2015). Analisis Faktor-faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.com Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory Of Planned Behavior (TPB) di SMA Negeri 7, Yogyakarta. Dicatat dari : http://eptints.uny.ac.id/20550.1/lisa% 20noor%20ardhiani_10520241012.pdf 18 April 2016

Hanggono, A, A & Handayani, S, R. (2015.) Analisis Atas Praktek Technology Acceptance Model Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram, Kota Malang. Dicatat dari : http://administrasibisnis.studentjournel.ub.ac.id/45642/1107_purnawan.pdf18 April 2016

Hidayat, R. (2010). Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta: PT. Elex Media Komputind.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kotler, P & Kevin L, K. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Indonesia : PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, P & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, K. (2012). Marketing Management 14th Ed. Pearson Education

Pajlin,E, J. (2016), Analisis Perceived Quality Website Sebagai Media Promosi dan Pengaruh Terhadap Minat Berkunjung di Galeri Nasional Indonesia,Universitas Sahid Jakarta

Purnawan, M, R. (2015). Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kunjungan Wisatawan Ke Museum. Semarang. Dicatat dari : http://eprints.undip.ac.id/45642/1107_purnawan.pdf 18 April 2016

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sherina. D, Ni L. N & Suartana, I. W. (2014). Analisis Technology Acceptance Model Terhadap Penggunaan Sistem Informasi di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Denpasar. Dicatat dari : http://ojs.unud.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/7797, 18 April 2016

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. ALFABETA.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi.




DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats