ANALISIS SEGMENTASI PENGUNJUNG BERDASARKAN ACTIVITY, INTEREST, OPINION (AIO) DI KAWASAN PETAK 9 GLODOK

Kania Ratnasari

Abstract


Kota Tua yang mana merupakan salah satu dari 10 destinasi pariwisata dimana bukan hanya layak menjadi daya tarik wisata di Jakarta tetapi juga nasional. Petak 9 merupakan kawasan pecinan yang menjadi sisi lain dari Kota Tua Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pengunjung yang datang ke kawasan Ptak 9 Glodok dan mengetahui segmentasi pengunjung berdasarkan segmentasi AIO (Activity, Interest, Opinion). Sumber data diperoleh dari wawancara dengan pengunjung dan penyebaran kuesioner. Penarikan sample dilakukan dengan teknik accidental sampling dengan 48 responden yang sedang dalam melakukan kunjungan. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif dan analisis cluster (K-means cluster). Analisis cluster digunakan untuk menganalisis variabel psikografi A.I.O (Activity, Interest, Opinion) meliputi aktivitas, minat dan pendapat. Selain mengukur mengenai karakteristik juga mengukur mengenai segmentasi pengunjung yang datang. Pengunjung akan terbagi dalam tiga kelompok berdasarkan Activity, Opinion dan Interest (AOI) dalam berwisata. Pertama yaitu kelompok 1 ”General Visitor”, kedua adalah kelompok 2 “Back to Nature” dan terakhir kelompok 3 “Quiet Lovely”.


Keywords


Segmentasi, profil pengunjung, Petak 9, Glodok, Kota Tua

References


Kasali, R. (1998). Membidik pasar Indonesia: segmentasi, targeting, dan positioning. Gramedia Pustaka Utama. Kotler, P. (2000). Marketing in the Twenty-First Century. Marketing Management, 10th Edition, Millenium, New Jersey.

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa oleh Hendra Teguh, Ronny A. Rusly. Schiffman, L & Kanuk. (2008), Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh. PT. Indeks, Jakarta. Setiadi, N, J. (2008). Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.22

Article Metrics

Abstract views : 154 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 245 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats