PROMOSI DIGITAL UNTUK WISATAWAN RUSIA

Ni Luh Made Vinaya Medhiatika

Abstract


Setiap tahun, Kementrian Pariwisata memiliki target kunjungan wisatawan mancanegara. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menentukan strategi promosi yang sesuai dengan perilaku wisatawan mancanegara terutama wisatawan Rusia. Data untuk kajian ini merupakan data sekunder yang sudah dihimpun oleh Kementrian Pariwisata. Objek kajian ini adalah wisatawan mancanegara dari Rusia yang sudah maupun akan berlibur ke Indonesia. Metode yang digunakan termasuk dalam metode eksploratif sehingga data tentang perilaku dan promosi yang sudah ada dapat lebih dipahami. Berdasarkan perilaku dan tingkat penggunaan sosial media wisatawan Rusia maka hasil yang didapat promosi pariwisata yang cocok adalah promosi digital melalui sosial media, terutama sosial media yang terpopuler di Rusia yaitu Vk.com. Melalui sosial media ini kriteria social strategy dan digital tourism, dapat terlaksana. Akun promosi di Vk.vom menampilkan foto dan video tentang budaya desa maupun perkotaan serta keindahan bahari di Indonesia. Wisatawan Rusia pun dapat menunggah foto, video, dan ulasan pengalaman selama berlibur di Indonesia.

Keywords


promosi, sosial media, wisatawan, Rusia

References


Atiko, Gita dkk. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata RI (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @INDTRAVEL). Jurnal Sosioteknologi. Volume 15 No.3: 378.

Benyon, David et al. (2013). Presence and Digital Tourism. Springer AI & Soc DOI 10.1007/s00146-013-0493-8.

Indika, Deru R. & Jovita, Cindy. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan Volume 01, No 01. [Online] tersedia di: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/JIBT/article/download/296/192/. [Diakses pada tanggal 16 Januari 2019].

Kotler, P & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. 14th edition. Essex: Pearson.

Kotler, P & Keller, L. K. (2012). Marketing Management, 14th Edition. New Jersey: Pearson Education

Purwana, ES & Dedi dkk. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). Volume 1 No.1: 1. Schiffman, L, G. & Kanuk, L, L. (2010). Consumer Behavior, 10th edition. New Jersey:Pearson

Smith, K, T. (2011). Digital Marketing Strategies that Millenials Find Appealing, Motivating, or Just Annoying. Journal of Strategic Marketing. [Online] tersedia di: https://www.google.com/search?safe=strict&source=hp&ei=Sqc9XNT_A5XHrQGwuIGgAw&q=digital+promotion%2C+journal&btnK=Google+Search&oq=digital+promotion%2C+journal&gs_l=psyab.3..33i160.1360.17990..18520...3.0..3.2010.9267.7j15j4j0j2j0j1j0j1j1......0....1..gws-wiz.....0..0i131j0j35i39j0i203j0i22i10i30j0i22i30j33i21j33i22i29i30j33i10.PX8YTx2jjyg. [Diakses pada tanggal 15 Januari 2019].

Smith, B. (2016). The Top 8 Russian Social Networks (And What Makes Them Great). [Online] Tersedia di: https://www.makeuseof.com/tag/top-8-russian-social-networks-makes-great/ [Diakses pada tanggal tanggal 5 April 2018].

Smith, B. (2016). 10 Incredible VK Facts You Should Know (AKA Russia’s Facebook). [Online] Terdapat di: https://www.makeuseof.com/tag/10-incredible-vk-facts-you-should-know-aka-russias-facebook/ [Diakses pada tanggal 5 April 2018].

Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi. Volume 4 No.2: 195-201.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.19

Article Metrics

Abstract views : 86 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 165 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats