PERSPEKTIF PR DAN IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DAN BELANJA DI SERANG, BANTEN

Dewi Widowati

Abstract


Bidang pariwisata menjadi bidang yang saat ini mendapat perhatian, baik di tingkat pusat maupun daerah. Upaya yang dilakukan oleh Provinsi Banten melalui kegiatan Public Relations (PR) dan komunikasi dalam upaya mengangkat pariwisata Banten untuk diperkenalkan ke tingkat nasional maupun internasional. Beberapa objek wisata di daerah Banten, seperti misalnya Tanjung Lesung, Mesjid Agung Banten Lama, Ujung Kulon, Pantai Carita-Anyer, Sentra Batik Banten, wisata bahari, serta wisata kuliner dan belanja.  Khusus untuk wisata kuliner dan belanja, Banten memiliki makanan khas seperti gipang, emping dengan berbagai rasa, nasi sumsum, rabeg, madu asli Baduy, kue balok, ketan bintul, dan berbagai tempat belanjanya. Objek wisata tersebut, perlu mendapat perhatian penuh dari pemerintah daerah melalui SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) dan semua pemangku kepentingan di daerah.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Relationship Management Theory (Ardianto & Soemirat, 2007), pemerintah sebagai pihak yang berperan penting dalam memajukan dan mengembangkan pariwisata daerah perlu mengelola program pariwisata daerah, melalui program kampanye pariwisata yang kemudian disebut “komunikasi pariwisata”. Bagaimana kemudian upaya ini dintegrasikan dengan para pemangku kepentingan terkait pariwisata Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif intepretatif, dengan paradigma interpretatif. Penelitian dilakukan terhadap para pemangku kepentingan terkait bidang pariwisata,  tentang bagaimana,  dan apa yang telah dilakukan, sedang dilakukan, dan yang akan dilakukan terhadap upaya memajukan dan mengembangkan pariwisata di Banten terutama bidang wisata kuliner dan belanja. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kepustakaan mengenai dunia pariwisata, baik secara teoritis maupun praktis yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Kata kunci:  Public relations; Komunikasi pariwisata; Relationship management theory.  

  

The field of tourism is a field that is currently gaining attention, both at the central and regional levels.  Efforts made by Banten Province through Public Relations (PR) and communication activities in an effort to lift Banten tourism to be introduced to national and international levels.  Some attractions in the Banten area, such as Tanjung Lesung, Banten Old Great Mosque, Ujung Kulon, Carita-Anyer Beach, Banten Batik Center, marine tourism, and culinary and shopping tours.  Especially for culinary tourism and shopping, Banten has special foods such as gipang, emping with various flavors, rice marrow, rabeg, Baduy native honey, cake beams, sticky rice sticks, and various shopping places.  The tourism object, needs to get full attention from the local government through SKPD (Regional Work Unit) and all stakeholders in the area.

 The theory used in this study is Relationship Management Theory (Ardianto & Soemirat, 2007), the government as a party that plays an important role in advancing and developing regional tourism needs to manage regional tourism programs, through tourism campaign programs which are then called "tourism communication".  How then is this effort integrated with Banten tourism-related stakeholders.  The research method used in this study is descriptive interpretative, with an interpretive paradigm.  The research was conducted on stakeholders related to tourism, about how, and what has been done, is being done, and what will be done to efforts to advance and develop tourism in Banten, especially in the field of culinary tourism and shopping.  The technique of data collection is done through observation, interviews, and literature on the world of tourism, both theoretically and practically, which has been carried out by the Banten Province Tourism Office.

Keywords: Public relations;  Tourism communication;  Relationship management theory.


Full Text:

1 - 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


e -ISSN : 2620-9322
Jurnal Industri Pariwisata
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat