ANALISIS DESTINASI PARIWISATA PULAU UNTUNG JAWA DI KEPULAUAN SERIBU JAKARTA

Uuh Sukaesih, Farida Farida, Miswan Miswan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah adalah : 1) Untuk mengetahui karakteristik wisatawan Pulau Untung Jawa, 2) Untuk mengkaji destinasi pariwisata Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada100 wisatawan yaitu orang yang sudah mengunjungi Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu Jakarta. Metode analisis dilakukan dengan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskriptifkan atau menggambarkan tentang hasil dari penelitian mengenai destinasi pariwisata yang diukur dengan menggunakan skala interval dari 1 sampai 4, yang selanjutnya dihitung rata-ratanya dan disajikan dalam tabel. Hasil penelitian yaitu : 1) Karakteristik wisatawan yang datang ke Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Jakarta yaitu : Laki-laki 53 persen, 76 persen berusia 17 tahun sampai 30 tahun, 62 persen berpendidikan SLTA, 38 persen berasal dari wilayah Tangerang, 64 persen pelajar/mahasiswa dan pegawai swasta, 60 persen berpendapatan kurang atau sama dengan Rp 3.000.000 per bulan. 2) Penilaian wisatawan mengenai destinasi pariwisata Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu Jakarta dengan skala 1 sampai 4, diperoleh rata-rata = 3.00 (kategori baik).


Keywords


Destinasi Pariwisata, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu

Full Text:

PDF

References


Basiya, R. & Rozak, H.A. (2012). Kualitas Dayatarik Wisata, Kepuasan Dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara Di Jawa Tengah. Dinamika Kepariwisataan, 11(2).

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Widisarana. Jakarta.

Kirom, N.R., Sudarmiatin, S. & Putra, I.W.J.A. (2016). Faktor-faktor Penentu Daya Tarik Wisata Budaya dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), pp.536-546.

Mayers, G.E & Mayers, M.T. (2009). The Dynamics OF Human Communication.

Sixth Edition. Mc Graw Hill, Inc: New York.

Mulyadi. (2010). Daya Tarik Wisata. Edisi Keenam. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta. Pendit N, S. (2010). Pengantar Ilmu Pariwisata. Pradnya Paramita. Jakarta.

Pitana, I.G. & Putu, G., Gayatri. (2015). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Razak, A. & Suprihardjo, R. (2013). Pengembangan Kawasan Pariwisata Terpadu di Kepulauan Seribu. Jurnal Teknik ITS, 2(1), pp.C14-C19.

Sunaryo, B. (2013). Kebijakan pembangunan destinasi pariwisata: konsep dan aplikasinya di Indonesia (No. 1). Penerbit Gava Media Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.

Yoeti, O.A. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa Offset. Bandung.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i2.18

Article Metrics

Abstract views : 1138 times
PDF views : 1051 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats