IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PEDAGANG MUSLIM PADA DESTINASI WISATA PANTAI LOMBANG

Dyah Ayu Rahmawati, Muhammad Ersya Faraby

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan etika bisnis Islam pedagang muslim pada destinasi wisata Pantai Lombang di Kabupaten Sumenep. Hal ini menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam pedagang muslim pada destinasi wisata Pantai Lombang di Kabupaten Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adaldah pelaku usaha pedagang muslim destinasi wisata pantai Lombang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, lalu untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian yaitu di Pantai Lombang di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui etika bisnis Islam pedagang muslim pada destinasi wisata pantai Lombang.


Keywords


Etika Bisnis Islam; Pantai Lombang; Pedagang Muslim

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Y. (2006). Pengantar studi etika. PT RajaGrafindo Persada.

Amalia, F. (2014). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada pelaku usaha kecil.

Amir, F. (1990). Kapita selekta mutiara Islam (Vol. 1). Haji Masagung.

Arifin, J., & Aziz, A. (2009). Etika Bisnis Islami.

Bertens, K. (2002). Etika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Cet. VII.

Budi, P. (2019). Etika Bisnis Suatu Pendekatan dan Aplikasinya Terhadap Stakeholders.

Issa, B. R. (2004). Etika Bisnis Islami (Terjemahan Muhammad). Pustaka Belajar, Yokyakarta.

Iqbal, Z., & Mirakhor, A. (2017). Ethical dimensions of Islamic finance: Theory and practice. Springer.

Khoiruddin, M. (2011). Perdagangan Efisien dalam Perspektif Islam: Kepentingan Simetris, Keseimbangan Informasi dan Keseimbangan Antar Sektor. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2), 209-230.

Marzuqi, A. Y., & Latif, A. B. (2010). Manajemen laba dalam tinjauan etika bisnis Islam. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 7(1).

Muda, A. A. (2006). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher.

Muslich, E. B. I., & Filosofis, L. (2004). Normatif, dan Substansi Implementatif. Yogyakarta: Ekonisia.

Nasution, S. (1992). Metode Penelitian Kualitatif Naturalistik. Bandung: Penerbit Tarsito, 1-409.

Rifai, V. (2012). Islamic Business and Economic Ethics. Jakarta: Bumi Aksara.

Shihab, M. Q. (2006). Wawasan al-Qur'an tentang zikir dan doa. Lentera Hati Group.

Suranta, S., & Sudaryono, E. A. (2015). Pengelolaan Keuangan Dan Pembukuan Untuk Pengusaha Kecil Usaha Karak Lele Di Sukoharjo. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 17(9).

Yahya, A. B. (2020). Etika Bisnis (Perilaku) Bisnis Rasulullah SAW Sebagai Pedoman Berwirausaha. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(1).

Yusanto, M. I., & Yunus, M. A. (2009). Pengantar Ekonomi Islam. Al-Azhar Press.




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v5i2.1426

Article Metrics

Abstract views : 360 times
PDF views : 331 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats