MODEL PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA TELUK KILUAN MELALUI OPTIMALISASI FAKTOR-FAKTOR DAYA TARIK EKOWISATA

Kurniawan Gilang Widagdyo

Abstract


Penelitian ini dilakukan di kawasan wisata Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus, Prov Lampung bertujuan untuk memetakan faktor-faktor daya tarik ekowisata untuk kemudian dirumuskan menjadi sebuah strategi pengembangan destinasi wisata berbasis alam, budaya dan kemasyarakatan yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan selama 1 tahun dengan menggunakan metode survey dan observasi serta wawancara mendalam untuk mengkonstruksikan teori dengan hasil pengamatan. Selain itu guna memetakan faktor-faktor internal dan eksternal daya tarik ekowisata penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memetakan masing-masing variabel internal dan eksternal kedalam tabel IFAS dan EFAS yang kemudian digabungkan kedalam Diagram Matrix TOWS sehingga dapat teridentifikasi faktor-faktor ekowisata yang menjadi daya tarik dan dapat dikembangkan sebagai didalam penyusunan strategi pengembangan destinasi wisata yang berkelanjutan.


Keywords


Wisata Bahari, Pemberdayaan Masyarakat, Pariwisata Berbasis Komunitas, Ekowisata, Teluk Kiluan

References


Hermawan, A. (2008). Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta: Grasindo.

Hunger, JD & Wheelen, TL. (2003). Manajemen Strategis, Ed. II. Julianto A, Penerjemah. Yogyakarta: Andi. Terjemahan dari Strategic Management, Ed. II.

Indonesia.Travel. (2013) .Teluk Kiluan: Menyaksikan Parade Lumba-Lumba di Teluk Tropis yang Indah. http://indonesia.travel/id/destination/892/teluk-kiluan), diakses 28 Februari 2014.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Istijanto, MM. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran.Edisi 12 Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Lampung Post. (2013). Lumba-Lumba, Pesona Teluk Kiluan. (http://lampost.co/ berita/lumba-lumba-pesona-teluk-kiluan), diakses 22 Maret 2014.

Lovelock, CH. & Wright, LK. (1999). Priciples of Service Marketing and Management. New Jersey: Prentice Hall.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta. LKiS Pelangi Aksara. Rangkuti, F. (2002). Creating Effective Marketing Plan: Teknik Membuat Marketing

Plan Berdasarkan Customer. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Saroso, O. (2013) .Mengembangkan Wisata Secara Mandiri. (http://lampungreview.com/mengembangkan-wisata-secara-mandiri/), diakses 5 April 2014.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

--------. (2008). Riset Bisnis untuk Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Andi Offset. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinsasi. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, dkk. (2007). Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.Jakarta: Salemba Empat.

Sukmadinata, NS. (2006). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Swarbrooke. (1996). Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tripadvisor.co.id. (2013) .Teluk Kiluan. (http://www.tripadvisor.co.id/Attraction

_Review-g3380109-d3295839-Reviews-Teluk_Kiluan-Tanggamus_ Lampung_Sumatra.html), diakses 22 Maret 2014.

Undang-Undang Nomor10 tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Wahdi, M. (2011). Riset Pemasaran (Teori dan aplikasi untuk pengambilan keputusan). Yogyakarta: CAPS.

Yoeti, OA. (1996). Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bandung: Angkasa.

Zed, M. (2004) .Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats