IDENTITAS MEREK TUJUAN PARIWISATA DAN KERANGKA KERJA GAMBAR

Hifni Alifahmi

Abstract


Kementerian Pariwisata (Kemenpar) beberapa tahun terakhir ini cukup gencar melakukan kampanye pariwisata bertajuk Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia menawarkan sejumlah destinasi andalan. Kemenpar menetapkan sepuluh destinasi Bali baru sebagai prioritas, selain pulau Dewata. Untuk pengembangan destinasi wisata tentu tidak terlepas kaitannya dengan identitas dan citra destinasi wisata yang berujung pada upaya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Karena itu, perlu dilakukan kajian untuk menelusuri konsep-konsep atau model-model pengembangan merek destinasi, terutama identitas dan citra destinasi pariwisata melalui studi literatur. Tujuan penelitian dengan studi literatur ini adalah untuk: 1) menelusuri beragam konsep dan model pengembangan merek destinasi pariwisata (destination brand development), termasuk elemen-elemen atau komponen merek destinasi (destination brand components); 2) menemukan dan merangkum model-model identitas dan citra merek destinasi pariwisata (tourism destination brand identity/image) beserta dimensi merek destinasidestination brand dimensions); dan 3) menyiapkan rancangan atau desain instrumen penelitian berdasarkan hasil penelusuran terhadap beragam konsep dan model identitas dan citra merek destinasi pariwisata. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literaturterkait dengan tiga tujuan tersebut. Hasil penelitian ini adalah berupa pemaparan dan rangkuman beragam konsep atau model tentang identitas dan citra merek destinasipariwisata beserta desain instrumen yang diperlukan.


Keywords


Merek destinasi, Komponen merek destinasi, Elemen merek destinasi, Identitas merek destinasi pariwisata, Citra merek destinasi pariwisata

References


Balakrishnan, M. S., 2008. Dubai – a Star in the East: A case study in strategic destination branding,Journal of Place Management and Development, Vol. 1 No. 1, pp. 62-91.

Balakrishnan, M. S., Ramzi N., Clifford L., 2008. Destination Brand Components. Working Paper Series. Univesity of Wollongong in Dubai (UOWD).

Gnoth, J., 2007. The Structure of Destination Brands: Leveraging Values. Tourism Analysis vo. 12, pp. 345-358.

Hanna, S., and Jennifer, R., (2011). Towards a strategic place brand-management model.Journal of Marketing Management, Vol. 27, No. 5–6, May, pp. 458–476.

Hsu, C., and Liping, C., 2009. Brand Knowledge, Trust and Loyalty: AConceptual Model of Destination Branding. International CHRIE Conference-Refereed Track.

Iliachenko, E. Y., 2005. Exploring Culture, History and Nature as Tourist Destination Branding Constructs: The Case of a Peripheral Region in Sweden.Paper for The VIII Nordic-Scottish Conference on Rural and Regional Development in association withthe 14th Nordic Symposium in Tourism and Hospitality Research. Akureyri, Iceland, Sept. 22-25.

Kavaratzis, M., and Ashworth, G. J., 2005. City Branding: An Effective Assertion Of Identity or a Transitory Marketing Trick?Tijdschrift voor Economische en Sociale Geografie, Vol. 96, No. 5, pp. 506–514.

Yousaf, A., Amin, I., Gupta, A., 2017, Conceptualising tourist based brand-equity pyramid: an application of keller brand pyramid model to destinations, Tourism and Hospitality Management, Vol. 23, No. 1, pp. 119-137.

http://metrotvnews.com/ekonomi/mikro/nbw3ZJmb-pemerintah-targetkan-devisa-terbesar- dari-sektor-pariwisata

http://metrotvnews.com/ekonomi/mikro/JKRla47b-kunjungan-turis-asing-sepanjang-2017- tak-capai-target

http://travel.kompas.com/read/2017/11/18/122700027/10-destinasi-bali-baru-4-destinasi- jadi-prioritas

https://travel.kompas.com/read/2017/09/15/124530327/bangga-indonesia-raid-2- penghargaan-kompetisi-video-pariwisata-dunia-unwto




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i1.13

Article Metrics

Abstract views : 177 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 284 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width= width=


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats