ANALISIS KEMAMPUAN KERJA PRAMUSAJI TERHADAP KELANCARAN OPERASIONAL DI FOOD AND BAVERAGE SERVICE DEPARTMENT HOTEL LOSARI BLOK m2 JAKARTA

Darmawan Damanik

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada penguraian dan penyimpulan yang bersifat holistik dengan rangkaian data atau fakta dan generalisasi yang ada di lapangan sesuai dengan masalah penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan dengan sampling jenuh dan purposive sampling, dan jumlah sampel sebanyak 6 (enam) orang. Metode analisis data yang digunakan penulis yaitu korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi, uji t, hipotesis. Berdasarkan hasil dari pembahasan diperoleh bahwa nilai r sebesar 0,37 yang artinya bahwa kemampuan kerja pramusaji berpengaruh signifikan terhadap kelancaran operasional. Dan nilai Koefisien Determinasi sebesar 13,69 % yang berarti pengaruh kemampuan kerja terhadap kelancaran operasional sebesar 13,69 % sedangkan 86,31% berasal dari luar variabel yang diteliti seperti pendidikan dan pengalaman bekerja pada industry hospitality serta lama bekerja. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa t hitung sebesar 0,85, sedangkan t tabel dengan df = n-2(6-2) = 4 dan α 0,025 dengan t tabel sebesar 2,776. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah antara kemampuan kerja Pramusaji terhadap kelancaran operasional di Food and Beverage Service Department Hotel Losari Blok m2 Jakarta.


Keywords


Kemampuan Kerja, Kelancaran Operasional, Pramusaji

References


Gibson, J. L. (2001). Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, Proses. Erlangga.

Hartatik, I. P. (2014). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yogyakarta: Laksana.

Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Ivancevich, J. M., Konopaske, R., & Matteson, M. T. (2006). Perilaku dan manajemen organisasi (Jilid 1 Edisi Ketujuh). Terjemahan Gina Gania). Jakarta: Erlangga.

Kusmayadi. (2004). Statistika Pariwisata Deskriptif. Jakarta: Gramedia Pustaka

Larasati, S. (2016). Excellent Hotel Operation. Yogyakarta: Ekuilibria.

Robbins, S. P., Judge, T. A., Angelica, D., & Resthi, W. (2016). Perilaku Organisasi I: Organizational Behavior.

------------. (2009). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba

Sihite, R. (2000). Food Service (tata hidang). Surabaya. Penerbit SIC.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif , Kualitatif ,R&D. Bandung: affabeta

Tjutju, Y & Suwatno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja, Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI:

https://doi.org/10.36441/pariwisata.v1i1.11

Article Metrics

Abstract views : 378 times
PDF (Bahasa Indonesia) views : 644 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Industri Parawisata Indexed By:

width= width=width=  width=  


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

View My Stats