Dramaturgi dalam Membentuk Personal Branding Selebgram

Iin Soraya, Hifni Alifahmi

Abstract


Banyak cara yang dilakukan oleh selebgram dalam mengenalkan, mempopulerkan, dan membangun citra diri atau personal branding. Salah satunya melalui media sosial instagram. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses front stage dan back stage dari konsep Dramaturgi dalam membentuk personal branding di instagram, untuk mendeskripsikan proses selebgram dalam membangun personal branding dengan menggunakan delapan konsep yang dapat membentuk personal branding di instagram, untuk memahami bentuk personal branding yang tercipta dari delapan konsep pembentukan personal branding dengan penggunaan media instagram. Teori yang di gunakan teori dramaturgi Erving Goffman dan delapan konsep personal branding Montoya. Hasil penelitian adalah: (1) proses front stage yaitu konsep dalam instagramnya yaitu memilih lokasi selalu di outdoor, style dengan konsep outdoor yang lebih casual. Proses back stage yaitu dengan ide ditentukan oleh sendiri dan tim, mulai dari penentuan tema konsep, ide dan pelaksanaan pembuatan konten; (2) delapan konsep personal branding dalam menciptakan konten instagram adalah positif, keceriaan, fun, kasual; (3) bentuk personal branding Sahril yang tercipta dari delapan konsep pembentukan personal branding dengan penggunaan media instagram yang paling menonjol adalah spesialisasi dari sisi konsep outdoor, fashion style kasual.


Keywords


Dramaturgi, Personal Branding, Selebgram, Media Sosial, Instagram

Full Text:

PDF

References


Adli, S. (2021a). Instagram @inisahril. https://www.instagram.com/inisahril/

Adli, S. (2021b). transkrip Wawancara.

Haroen, D. (2014). Personal Branding Kunci Kesuksesan Anda Berkiprah di Dunia Politik. Gramedia.

McNally, D. and K. D. S. (2002). Be Your Own Brand. Berret Koehler Publisher, Inc.

Mulyana, Deddy. (2009). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Remaja Rosda karya.

Mulyana, Deddy. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya (kedelapan). Remaja Rosda karya.

Mulyana, Dedy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Remaja Rosdakarya.

Nally, M. & S. (2011). Be your own brand: achieve more of what you want by being more of who you are. BerretKoehler Publisher.

Wasesa, S. A. (2018a). Personal Branding CODE. Penerbit Noura.

Wasesa, S. A. (2018b). Politikal Personal Branding. Penerbit Ecpose




DOI:

https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidia.v1i1.466

DOI (PDF):

https://doi.org/10.36441/pascacommunica.v1i1.466.g418

Article Metrics

Abstract views : 151 times
PDF views : 126 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.