Pengaruh Citra Band Koes Plus Terhadap Loyalitas Penggemar Di Bandung Koes Plus Community

Pepen Sumirat

Abstract


Koes Plus was founded in 1969, previously known as Koes Brothers, is a band whose songs are often heard. Even though it is classified as “old school”, its existence is still felt by looking at the loyalty of fans from the young to the elderly. It can be proven by the establishment of successor bands to the formed community. Also the songs have been re-sung by today's singers. Koes Plus proves that it can maintain its image until now.

The purpose of this study was to measure the influence of the image of the Koes Plus band on fan loyalty in Bandung Koes Plus Community in 2019.

This study uses a quantitative approach, survey method with simple random sampling technique in 95 respondents as a sample. SPSS 25.0 is software used in data analysis techniques.

The results of this study prove that there is a significant positive effect of Koes Plus Band Image on Fan Loyalty in Bandung Koes Plus Community (BKPC) by 51% (Coefficient of Determination)


Keywords


Image, Loyalty, Community, Koes Plus, BKPC

Full Text:

PDF

References


Jurnal

Agilia Syafitri. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Jurnal UMSU. Volume 1. Nomor 1. Halaman 27.

Altje Tumbel, (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Pt Bank Btpn Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, Volume 3 Nomor 1, Halaman 68

Anung Pramudyo (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan sebagai Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi JBMA, Volume 1 Nomor 1, Halaman 3.

Imam Ariono. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas pelayanan dan Kelompok Referensi terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Kredit Sepeda Motor di PT.Federal. Jurnal PPKM.

Juwono Dwi Warusman. (2016). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) Volume 4. No.2. Halaman 38.

Endang Tjahjaningsih, (2013). Pengaruh Citra dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen, Volume 28 Nomor.2, Halaman 15.

Frans Supardi (2013). Pengaruh Komunitas Pengguna Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus pada Pengguna Sepeda Motor Honda Tiger, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Volume 1 Nomor 2.

Iis Miati. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay. Jurnal Abiwara. Volume 1. Nomor 2. Halaman 73.

Kurniati, Agus Widarko, Afi Rachmat Slamet. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas dan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening dalam menggunakan jasa Transportasi Bus Titian Mas. e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN. Volume 9, Nomor 12. Halaman 161.

Novan Haryono dan Roony Octavia. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek dan Mutu layanan terhadap Kepuasan Konsumen serta dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan. Volume 4. Nomor.2. Halaman 22.

Nur Maulida, (2018). Benny Likumahuwa dalam Perkembangan Musik Jazz di Indonesia. Avatara-e-Journal Pendidikan Sejarah. Volume 6, No 2.

Nurul Giswi Karomah. (2022). Pengaruh Citra Merek, Motivasi dan Keputusan Pembelian terhadap Kepuasan Konsumen Generasi Milenial pada Marketplace. Jurnal Jimek. Volume 2. No.2. Halaman 196.

Rohman, (2013). Pengaruh Citra Diri (Self Image) dan Konformitas terhadap Perilaku Compulsive Buying pada Remaja. Journal of Psychology Tazkiya. Volume 1, No.2. Hal: 286

Savitri, (2019). Pengaruh Citra, Kredibilitas dan Kemampuan Komunikai Beauty Vlogger terhadap Keputusan Pembelian Produksi Make-Up Maybelline. Jurnal Untar. Volume 3, No. 1. Hal: 269.

Siti Nurhana. (2021). Pengaruh Citra Merek Kualitas dan Harga tehadap Minat Beli Pasta Gigi Pepsodent pada Masyarakat Kelurahan Ngargosari di Boyolali. Jurnal Ekobis. Volume 8. Nomor. 2. Halaman 174.

Tri Tjahyo Poernomo dan Bambang Setyadarma. (2021). Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Sapi Murni KUD Mekar Sari, Pujon Malang. Jurnal Sebatik. Vol. 25. No.1. Halaman 223.

Wijayanto, (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM). Volume 1. No. 3. Halaman 13.

Yanuar Herlambang, S.Sn. (2014). Participatory Culture dalam Komunitas Online sebagai Representasi Kebutuhan Manusia. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Vol. 2 No. 1, Halaman 30.

Buku

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Suhana, Ais. (2015). Kisah Dari Hati Koes Plus – Tonggak Sejarah Musik Indonesia. Jakarta: Kompas Gramedia.

Internet

https://gasbanter.com/pengertian-musik-pop/ (diakses: 30 Juli 2020)




DOI:

https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v2i1.1210

DOI (PDF):

https://doi.org/10.36441/mahardikaadiwidi.v2i1.1210.g651

Article Metrics

Abstract views : 244 times
PDF views : 226 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.