STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MENINGKATAKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Mohamad Bastomi, Mukhammad Sobih Asrori, Moh. Istiaji Tasrik

Abstract


KKN (Kuliah Kerja Nyata) dilakukan oleh setiap kampus untuk bisa mengabdi dan bersosialisasi langsung dengan masyarakat, begitu juga dengan yang di lakukan oleh kampus Universitas Islam Malang (UNISMA) tapi sekarang UNISMA melaksanakannya dengan tampil beda yaitu dengan mengubah nama tanpa menghilangkan maksud dan tujuannya yaitu KSM (Kandidat Sarjana Mengabdi) TEMATIK, yang bertempatkan di desa Mulyoagung kabupaten malang. Strategi BUMDes Mulyoagung dimasa pandemi masih dalam tahap perencanaan, untuk saat ini BUMDes masih menjalankan usaha Desa dengan cara normal. BUMDes Mulyoagung bisa dikatakan berani atau mampu mengambil kebijakan yang baik, dimana dimasa pandemi seperti ini masih bisa menjalankan usaha Desa dan Mampu mengambil kebijakan yang baik dengan mendukung para pedagang yang ada di pasar minggu untuk tetap mematuhi peraturan penerapan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan.


Keywords


BUMDES, Pembukuan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Budhisulistyawati, A., Muryanto, Y. T., & Sri CN, A. (2015). Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PERSERO Untuk Mewujudkan Prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik. Private Law, III(2)

Dewi, Amelia Sri Kusuma. 2014. Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Upaya Desa (PADes) Serta Menumbuhkan Perekonomian Desa. Jurnal Of Rural and Development Vol. V No. 1.

Imraningsih, Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekar Jaya Di Selopamioro Imogiri Bantul Yogyakarta, Tanggal 08 Mei 2018 No 05 Vol 23

Irfan Nursetiawan, Strategi Pengembangan Desa Mandiri Melalui Inovasi Bumdes. Tahun 2017 vol 6 no 9

M. Atshil M.A. 2017 Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Di Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran(universitas islam negeri raden intan lampung,)

Ramadana, C. B., Ribawanto, H., & Suwondo. (2010). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai Penguat Ekonomi Desa (Studi di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang), 1(6), 1068–1076.

Robiatul Adawiyah, Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berbasis Aspek Modal Sosial (Studi pada BUMDes Surya Sejahtera, Desa Kedungturi, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo) mei tanggal 21 tahun 2018 no 7 vol 13

Saputra, Anom Surya. 2015. Badan Usaha Milik Desa: Spirit Usaha Kolektif Desa. Kemendesa PDTT.

Sutoro Eko, dkk. 2015. Policy Paper: Membangun BUMDes yang Mandiri, Kokoh, dan Berkelanjutan.

Wirawan, Anggrek. 2012. Jaringan sosial dan moral ekonomi pedagang pekanan. Dalam prespektif Sosiologi. Vol.1. Hal 1-17




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i1.842

Article Metrics

Abstract views : 42 times
PDF views : 25 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats