PKM MIJEL MENJADI BERKAH DI DESA NANGGERANG KECAMATAN TAJUR HALANG KABUPATEN BOGOR

Laila Febrina, Soecahyadi Soecahyadi, Titin Astuti

Abstract


Desa Nanggerang adalah salah satu desa di Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor. Salah satu potensi tanaman pangan di desa itu adalah singkong. Sebagian dari penduduk desa telah mengolah singkong menjadi makanan ringan, seperti keripik singkong. Proses pengolahan keripik dilakukan secara sederhana. Desa Naggerang dikenal sebagai desa yang memiliki banyak UMKM keripik singkong dan keripik pisang yang banyak melibatkan ibu-ibu rumah tangga disekitaran usaha mereka. Hal ini tentunya menyebabkan semakin banyaknya minyak jelantah (mijel) seiring semakin banyaknya penggunaan minyak goreng dalam aktivitas UMKM tersebut. Penggunaan minyak goreng yang berkali-kali dapat membahayakan Kesehatan manusia. Disisi lain, membuang sisa minyak goreng ke lingkungan akan menyebabkan kerusakan lingkungan. Permasalahan yang sering muncul adalah minyak jelantah yang dihasilkan pada proses produksi tersebut yang tidak terkelola dengan baik yang bila dibuang sembarangan dapat menyebabkan permasalahan lingkungan Tujuan dan sasaran kegiatan ini adalah peningkatan partisipasi masyarakat melalui ibu-ibu PKK, Desa Nangerang, Kabupaten Bogor melalui program pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan minyak jelantah melalui pelatihan dalam pembuatan lilin padat dan cair serta sabun dari minyak jelantah.. Metode kegiatan dilakukan berupa (1) Sosialisasi tentang pemasaran, (2) Pelatihan dan pendampingan pemanfaatan minyak jelantah menjadi produk yang bernilai guna (sabun batangan, lilin cair dan lilin padat). Target luaran yang dicapai pada kegiatan ini adalah peningkatan ketrampilan dan pengetahuan mitra sehingga menjadikan mitra memiliki ketrampilan dalam mengolah minyak jelantah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.


Keywords


Mijel, Keripik Singkong, Keripik Pisang

Full Text:

PDF

References


BPS Kabupaten Bekasi, 2018, Kecamatan Tambelang Dalang Angka 2018

Girgis, A. Y., 2003. Production of High Quality Castile Shoap from High Rancid Olive Oil. Graca Aceites, 54(3), pp. 226-233.

Prawira, 2010. Reaksi Saponifikasi pada Proses Pembuatan Sabun. Jakarta: Penebar Swadaya.

Priani, L., 2010. Pembuatan Sabun Transparan Berbahan Dasar Minyak Jelantah serta Uji Iritasi pada Kelinci. Bandung, s.n.

Putri, D. A., 2015. Pembuatan Sabun Lunak dari Minyak Goreng Bekas. Yogyakarta, Seminar Nasional Teknik Kimia Indonesia

Widoretno, dkk, 2021.Pemanfaaan Minyak Jelantah untuk Pembuatan Lilin Ramah Lingkungan, Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i1.840

Article Metrics

Abstract views : 79 times
PDF views : 22 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats