KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PELAKU USAHA KOPI LAMPUNG (STUDI PADA PELAKU USAHA KOPI LUWAK DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT)

Tumara Tiarantika, Hartono Hartono, Gita Paramita Djausal

Abstract


Pelaku usaha kopi luwak yang berada di Kabupaten Lampung Barat sudah memiliki kompetensi yang seharusnya dimiliki. Namun besaran kompetensi tidak sama rata, terdapat kompetensi yang dominan dan terdapat pula kompetensi yang tidak dominan. Besaran kompetensi yang berbeda-beda, menimbulkan adanya perbedaan kompetensi menimbulkan perbedaan pada keadaan usaha. Pelaku usaha yang memiliki kompetensi yang sedikit menunjukkan keadaan usaha yang tidak berkembang, sedangkan pelaku yang memiliki kompetensi yang banyak menunjukkan keadaan usaha yang lebih stabil. Kondisi usaha kopi luwak yang terjadi saat ini tidak memungkinkan munculnya wirausaha baru. Hal ini disebabkan dengan turunnya angka konsumsi kopi luwak, munculnya trend kopi lain seperti kopi lanang, kopi gajah dan lainnya serta gerakan kopi petik merah yang digalakkan oleh pemerintah Kabupaten Lampung Barat.


Keywords


kompetensi, kewirausahaan, kopi luwak

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N., Kummerow, L. and Wilson, C. 2006. A cross-cultural study of entrepreneurial competencies among business owners in SMEs: evidence from Australia and Malaysia. Paper [resented t the 51st ICSB World Conference, Melbourne.

Ahmad, Noor Hazlina., Ramayah, T., Wilson, Carlene., and Kummerow, Liz. 2010. Is entrepreneurial competency and business success relationship contingent upon business environment? A study of Malaysian SMEs, International Journal of Entrepreneurial Behaviour & Research Vol. 16 No. 3, 2010 pp. 182-203.

Bird, B. 1995. Toward a theory of entrepreneurial competency. In Katz, J.A. and Brockhaus, R.H, (Eds), Advances in Entrepreneurship, Firm emergence, and Growth, Vol.2, JAI Press, Greenwich, CT, pp. 51-72.

Kasmir, 2011. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kristanto HC, R Heru, 2009. Kewirausahaan Enterpreneurship Pendekatan Manajemen dan Praktik. Cet. I. Yogyakarta; Graha Ilmu

Man, T. W. Y. et al. 2002. The Competitiveness pf small and medium enterprises A conceptualization wit focus on entrepreneurial competencies. Journal of Business Venturing.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i1.825

Article Metrics

Abstract views : 466 times
PDF views : 274 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats