UMKM GO ONLINE! PENGEMBANGAN KOMPETENSI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PROVINSI DKI JAKARTA GUNA MEWUJUDKAN DIGITAL PRENEUER

Hania Aminah, Dewi Susita, Hamidah Hamidah

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki oleh para pelaku UMKM melalui pelatihan Soft Skills, jiwa kewirausahaan dan pemahaman kewirausahaan digital. Pengembangan dan peningkatan yang dilakukan berupa pengembangan keterampilan soft skills, jiwa kewirausahaan, dan pemahaman kewirausahaan digital sehingga dapat berguna dalam mengembangkan usaha yang akan dijalankan di kemudian hari.Guna mewujudkan program pemerintah untuk menjadikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang Go Online! Serta mendukung langkah pemerintah Indonesia dalam menghadapi era Industri 4.0, maka hampir seluruh sektor yang ada berupaya untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu sektornya adalah sektor Industri, dimana perkembangan teknologi yang begitu pesat mengharuskan seluruh elemen industri untuk transfromasi menggunakan Artificial Intelligence. Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu pelaku industri yang sangat perlu diperhatikan yag dapat disebut juga dengan genrasi digital, untuk itu upaya menyatukan antara generasi muda, teknologi, dan industri 4.0, makan diperlukan pelaksanaan pelatihan guna meningkatkan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan. Kajian dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan penyebaran kuesioner.


Keywords


UMKM Go Online, Digital, Kompetensi.

Full Text:

PDF

References


Lasi, Heiner, Peter Fettke. (2014). Industry 4.0”.Journal of Business and Information

Systems Engineering. Vol. 4.

Li, Wenjie, Wenyu Du, Jiamin Yin. (2017). Digital Entrepreneurship Ecosystem as a New

Form of Organizing: the Case of Zhongguancun. Journal of Business Research

in China.

Mazali, Tatiana. (2017). From Industry 4.0 to Society 4.0, there and Back. Journal of

Business and Information Systems Engineering.

Myers K, Karen, Kamyab Sadaghiani. (2010). Millennials in the workplace: A

Communication Perspective on Millennials’ Organizational Relationships and

Performance. Journal of Business Psychology.

Ozcelik, Gaye, (2015). Engagement and Retention of the Millennial Generation in the

Workplace through Internal Branding. International Journal of Business and

Management. Vol. 10 No. 3

Scuotto, Veronica, Massimo Morellato. (2013). Entrepreneurial Knowledge and Digital

Competence: Keys for a Success of Student Entrepreneurship. Journal

Knowledge Economic.

Sussan, Fiona, Zoltan J Acs. (2017). The Digital Entrepreneurial Ecosystem. Journal of

Small Business Economics.

S.W.Ng, Eddy, Linda Schweitzer, Sean T.Lyons. (2010). New Generation, Great

Expectations: A Field Study of the Millennial Generation. Journal of Business

Psychology.

Zheng, Pai, et al. (2018). Smart Manufacturing Systems for Industry 4.0: Conceptual

Framework, Scenarios, and Future Perspectives. Frontiers of Mechanical

Engineering Journal.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v3i1.69

Article Metrics

Abstract views : 1769 times
PDF views : 908 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats