INDONESIA SEBAGAI HOST COUNTRY DALAM EKSPANSI BISNIS MEREK FASHION INTERNASIONAL

Fitri Wahyu Rahmadania

Abstract


Globalisasi dan krisis ekonomi yang terjadi di negara-negara barat menjadi motif utama bagi merek-merek fashion untuk melakukan bisnis ekspansi ke negara penyelenggara khususnya di Asia. Indonesia telah menjadi satu destinasi negara penyelenggara yang menarik bagi beberapa merek fashion yang tidak asing ditelinga seperti H&M, Pull & Bear, dan Zara untuk membuka gerai-gerai di beberapa pusat perbelanjaan walaupun memiliki perbedaan yang signifikan baik dari segi budaya, ekonomi, geografis dan kondisi pasar. Faktor budaya, ekonomi, kondisi sosial dan geografis yang berbeda dengan negara asal. Penelitian menjelaskan perlunya pertimbangan mendalam dengan mengacu beberapa elemen seperti 1) jarak dan bentuk geografis; 2) ukuran pasar dan daya beli; 3) tingginya permintaan; 4) franchising sebagai strategi ekspansi; 5) dan adaptasi pada strategi manajemen dan pemasaran merupakan proses evaluasi yang sangat penting dalam proses pemilihan Indonesia sebagai negara penyelenggara dalam bisnis ekspansi. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivistik sebagai dasar untuk teori dengan pendekatan penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam.


Keywords


Ekspansi Bisnis, Merek Fashion Internasional, Franchise

Full Text:

PDF

References


Alexander, N., & Myers, H. (1999). European retail expansion in South East

Asia. European Business Review, 99(2), 91-104.

Alexander, N., & Doherty, A. M. (2009). International retailing. Oxford university press.

Business Monitor International, (2014). Retail. [Online] Tersedia di:

http://www.businessmonitor.com [Diakses pada tanggal 21 Desember 2018].

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan

mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Doherty, A. M. (2009). Market and partner selection processes in international retail

franchising. Journal of Business Research, 62(5), 528-534..

Etgar, M., & Rachman-Moore, D. (2010). Geographical expansion by international

retailers: A study of proximate markets and global expansion strategies. Journal

of Global Marketing, 23(1), 5-15.

Evans, J., Bridson, K., Byrom, J., & Medway, D. (2008). Revisiting retail

internationalisation: Drivers, impediments and business strategy. International

Journal of Retail & Distribution Management, 36(4), 260-280.

Global Business Guide Indonesia, (2012). Franchise law in Indoenesia. [Online] Tersedia

di:

http://www.gbgindonesia.com/en/main/business_guide/franchise_law_in_indone

sia.php [Diakses pada tanggal 15 Desember 2018].

Global Business Guide Indonesia, (2014). Indonesia’s retail boom is far from over.

[Online] Tersedia di: http://www.gbgindonesia.com/en/services/article/2014/indonesia_s_retail_boom

_is_far_from_over.php [Diakses pada tanggal 15 Desember 2018].

Kearney, A. T. (2014). Full Steam Ahead for Global Retailers. Retreived May, 26, 2015.

Kompas.com, (2013). Pra-Pembukaan Toko H&M Jakarta Jadi Yang Terheboh. [Online]

Tersedia di: https://lifestyle.kompas.com/read/2013/10/04/1905033/PraPembukaan.Toko.H.M.Jakarta.Jadi.yang.Terheboh?page=all [Diakses pada

tanggal 25 Januari 2019].

Kuang-Ying Loo, B., & Hackley, C. (2013). Internationalisation strategy of iconic

Malaysian high fashion brands. Qualitative Market Research: An International

Journal, 16(4), 406-420.

McKinsey Insights & Publications, (2013). Understanding the diversity of Indonesia’s

consumers. [Online] Tersedia di: http://www.mckinsey.com/insights/asiapacific/understanding_the_diversity_of_indonesias_consumers [Diakses pada

tanggal 15 September 2018].

Mishra, A. (2009). STRATEGIC BRAND MANAGEMENT OF INTERNATIONAL

FASHION RETAILERS IN SOUTH ASIA. Pranjana: The Journal of

Management Awareness, 12(2).

Moreau, R. (2008). H&M and Inditex’s Global Expansion Strategies. Euromonitor

International. pp. 38-41.

Sakarya, S., Eckman, M., & Hyllegard, K. H. (2007). Market selection for international

expansion: Assessing opportunities in emerging markets. International Marketing

Review, 24(2), 208-238.

Saunders, M. N. (2011). Research methods for business students, 5/e. Pearson Education

India.

Sugiono, M. P. K., & Kuantitatif, P. (2007). kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

The World Factbook, (2018). Indonesia. [Online] Tersedia di:

https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/id.html

[Diakses pada tanggal 14 Februari 2019].

Waarts, E., & van Everdingen, Y. M. (2006). Fashion retailers rolling out across multicultural Europe. International Journal of Retail & Distribution

Management, 34(8), 645-657.

Wigley, S., & Moore, C. M. (2007). The operationalisation of international fashion

retailer success. Journal of Fashion Marketing and Management: An

International Journal, 11(2), 281-296.

Wilson, J. (2014). Essentials of business research: A guide to doing your research

project. Sage.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v2i1.207

Article Metrics

Abstract views : 436 times
PDF views : 839 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats