GELIAT WIRAUSAHA MUDA DALAM MELESTARIKAN KOPI LOKAL BALI

Ni Luh Made Vinaya Medhiatika

Abstract


Indonesia memiliki beragam tradisi, termasuk tradisi minum kopi. Tradisi minum kopi ini menggerakkan para wirausaha, terutama wirausaha muda untuk merintis usaha kedai kopi. Geliat ini juga terjadi di pulau Bali, salah satunya adalah kedai kopi Bhineka Muda. Tujuan penelitian ini ingin menunjukkan bahwa wirausaha muda memiliki semangat yang luar biasa dalam melestarikan kopi asli Bali yang sudah ada sejak tahun 1935 sehingga tidak kalah dengan kopi merek Internasional. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan Pak Putu Gde Ary Wicahyana, penggerak revitalisasi kedai kopi Bhineka Djaja dan dibukanya kedai Bhineka Muda. Metode penelitian kualitatif ini dilakukan dengan wawancara yang mengalir dengan pertanyaan tidak terstruktur mulai dari merek kopi, konsep kedai kopi, hingga sociopreneur. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa dalam memulai suatu usaha dibutuhkan inovasi dan kreatifitas layaknya konsep ekonomi kreatif yang kemudian ditumpahkan pada kedua kedai kopi tersebut, berbeda konsep namun dengan tujuan sama untuk melestarikan kopi Bali. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa Pak Ary terbukti memiliki ciri atau karakter dari seorang wirausahawan yang sukses. Beliau juga menantang dirinya untuk menjadi seorang wirausaha muda ekonomi kreatif berbasis budaya serta menjadi sociopreneur. Peneliti menyimpulkan bahwa wirausaha yang hebat tidak hanya memikirkan laba tetapi bisa menjadi sociopreneur atau wirausaha yang juga memberi dampak yang positif, terutama di bidang sosial dan lingkungan bagi para pemangku kepentingan di lingkungan usahanya.


Keywords


wirausaha, sociopreneur, kopi, Bali

Full Text:

PDF

References


Dash, M., & Kaur, K. (2012). Youth entrepreneurship as a way of boosting Indian

economic competitiveness: A study of Orissa. International Review of Management

and Marketing, 2(1), 10-21.

El Hasanah, L. L. N. (2015). Pengembangan Wirausaha Muda Ekonomi Kreatif Berbasis

Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Studi Pemuda, 4(2), 268-280.

Hendro, Ir. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta (ID): Penerbit Erlangga.

Putera, Andri Donnal. (2018). Produksi Kopi Indonesia Belum Maksmimal. [online]

Tersedia di https://ekonomi.kompas.com/read/2018/08/08/125051626/produksikopi-indonesia-belum-maksimal [ diakses tanggal 7 April 2018]

Suyatna, H., & Nurhasanah, Y. (2017). Sociopreneurship Sebagai Tren Karir Anak Muda.

Jurnal Studi Pemuda, 6(1), 527-537.

Zimmerer, T. W., & Scarboroug, N. M. (2005). Essentials of entrepreneurship and small

business management. Prentice-Hall.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i2.174

Article Metrics

Abstract views : 723 times
PDF views : 478 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats