KUASA BAJU BEKAS: KODE KULTURAL FESYEN BAJU BEKAS DALAM RANAH INDUSTRI KREATIF

Ayuni Setyaningsih, Nooryan Bahari, Deny Tri Ardiyanto

Abstract


Fesyen baju bekas menawarkan wilayah kajian yang di dalamnya terdapat tanda, kode, makna. Tulisan ini bertujuan untuk meneliti adanya tanda, pesan, dan makna yang berada dalam baju bekas koleksi Le Budget. Objek kajian baju bekas dibedah dengan menggunakan pendekatan semiotika untuk analisis pemakaian tanda dan maknanya. Teori semiotika digunakan sebagai analisis penelitian untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi bentuk-bentuk tanda pada baju bekas ke dalam tanda tipe ikon, indeks, dan simbol. Melalui analisis bentuk-bentuk tanda pada baju bekas ditemukan kode-kode kultural dan makna yang dikonstruksi. Hal ini menjadi penting karena dalam era industri kreatif ini, fesyen baju bekas Le Budget telah membentuk subkultur anak muda yang dapat menjadi budaya tanding terhadap budaya besar.


Keywords


Fesyen, Baju Bekas, Semiotika, Industri Kreatif.

Full Text:

PDF

References


Barnard, M. (2011). Fashion as Communication (Fashion sebagai Komunikasi Cara

Mengkomunikasikan Identias Sosiasl, Seksual, Kelas dan Gender), diterjemahkan

oleh Idy Subandy Ibrahim. Jalasutra. Yogyakarta.

Chaney, D. (2004). Lifestyle Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.

Elsner, J. (1994). The Culture of Collecting. Massachusetts: Harvard University Press.

Featherstone, M. (2001). Postmodernisme dan Budaya Konsumen. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Miles, M.B & Huberman, A.M. (1992). Qualitative Data Analysis. Analisis Data

Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, diterjemahkan oleh Tjetjep

Rohendi Rohadi. Penerbit UI Press. Jakarta.

Pilliang, Y.A. (2012). Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya, & Matinya Makna.

Jakarta Selatan: Matahari.

Sunhilde, C. (2012). Fast Fashion and Secondhand Clothes Between Ecological

Concern and Global Business. Annals of The University of Oradea Fascicle of

Textiles, Leatherwork. Romania: University of Oradea.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v1i1.48

Article Metrics

Abstract views : 252 times
PDF views : 377 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats