PERKEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DI KOTA TASIKMALAYA PADA ERA DIGITAL

Wulansari Wulansari, Devina Fauziyah, Taofik Hidayat, Suci Ramasiah, Adi Prehanto, Asep Nuryadin

Abstract


Industri kreatif memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional, yaitu dapat dilihat dari banyaknya daerah yang memiliki sektor industri kreatif, salah satu daerah yang terdapat banyak penggiat industri kreatif adalah kota tasikmalaya, beberapa industri kreatif yang terkenal di daerah tasikmalaya diantaranya yaitu batik, bordir, kayu olahan, makanan olahan, dan lainnya. penelitian ini bermaksud menjelaskan bagaimana keadaan industri kreatif di Kota Tasikmalaya serta permasalahan yang tengah dihadapi oleh para pelaku industri dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan wawancara kepada dinas UMKM dan para pelaku industri kreatif sebagai teknik pengumpulan data dan dideskriptifkan dengan berfokus pada penjelasan narasumber dan  fakta yang diperoleh saat penelitian. data yang didapat menjelaskan bahwa teknologi digital mampu menjadi sarana penunjang dalam keberlangsungan perkembangan industri kreatif, hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang menggunakan aplikasi untuk menunjang  segala aktivitas sehari-harinya, tentu saja ini menjadi tantangan bagi para penggiat pelaku industri kreatif untuk senantiasa selalu mengikuti arus perkembangan zaman. jika pelaku tidak didukung dengan adanya teknologi digital, besar kemungkinan pasar yang dicapai hanya berada di sekitar industri kreatif sehingga penjualan tidak mencapai target. maka dari itu, pentingnya peranan teknologi digital pada era sekarang bagi setiap industri kreatif sebagai perluasan target pasar.


Keywords


Industri Kreatif, Ekonomi Digital,UMKM

Full Text:

PDF

References


Aysa, I. R. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2), 121-138.

Darusman, Y. (2016). Kearifan Lokal Kerajinan Bordir Tasikmalaya Sebagai Ekonomi Kreatif Terbuka Untuk Modern (Studi di Kota Tasikmalaya Jawa Barat). Journal of Nonformal Education, 2(2).

Departemen Perdagangan RI. 2008. Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025.

Haryadi, Dedi. (2019). Bekraf di Daerah Akan Dorong Peningkatan Industri Kreatif.[Online] tersedia di: https://www.ayotasik.com/explore-tasik/pr-33847425/Bekraf-di-Daerah-Akan-Dorong-Peningkatan-Industri-Kreatif. [Diakses Pada tanggal 2 November 2022]

(Haryadi, 2019) Herlambang, Y. (2015). Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (Tematik), 2(1), 61-71.

Kamil, A. (2015). Industri kreatif Indonesia: Pendekatan analisis kinerja industri. Media Trend, 10(2), 207-225.

Lontoh, J. K., Tumbel, A. L., & Kawet, R. C. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bagi Pengembangan Pemasaran Wisata Danau Linow Di Kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4).

Maesaroh, S. S. Peran Gender dalam Negosiasi Karir: Pendekatan Teori Ekuitas. Indonesian Journal of Digital Business, 2(1), 1-8.

Rahmi, A. N. (2018, September). Perkembangan industri ekonomi kreatif dan pengaruhnya terhadap perekonomian di indonesia. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 2, No. 1, pp. 1386-1395).

Ramadani, D. F., & Syariati, A. (2021). Ekonomi Digital dan Persaingan Usaha sebagai Pendorong Pendapatan UMKM di Kota Makassar. ICOR: Journal of Regional Economics, 1(1). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/icor/article/view/19558

Sari, A. P., Pelu, M. F. A., Dewi, I. K., Ismail, M., Siregar, R. T., & Mistriani, N. & Sudarmanto, E.(2020). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, I. N. A. M., & Prastiwi, N. L. P. E. Y. (2022). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENGRAJIN KAIN TENUN (JEGEG ENDEK). Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 5(1 (Setiawan & Prastiwi, 2022)).

Sopanah, S. E., Bahri, S., Ghozali, M., & SH, M. (2020). Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

Suprayogi, A., & Suryana, H. P. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI C59 BANDUNG (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Tayibnapis, A. Z., Wuryaningsih, L. E., & Gora, R. (2018). The development of digital economy in Indonesia. IJMBS International Journal of Management and Business Studies, 8(3), 14-18.




DOI:

https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v5i2.1313

Article Metrics

Abstract views : 1145 times
PDF views : 835 times

Dimension Citation Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Indexed By:

 width= alt= width= width=

Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

View My Stats